Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pencak Silat Pagar Nusa pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII di SMP Ma’arif 08 Ampel Wuluhan Jember.

Mufidah, Umul Jihatul (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pencak Silat Pagar Nusa pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII di SMP Ma’arif 08 Ampel Wuluhan Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Umul Jihatul Mufidah_T20177025.pdf

Download (13MB)

Abstract

Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Etnomatematika, Pencak Silat Pagar Nusa, Garis dan Sudut. Kemampuan peserta didik dalam membangun konsep matematika erat kaitannya dengan proses belajar yang dilakukan. Oleh sebab itu, perlu adanya perbaikan dan inovasi baru dalam proses pembelajaran, salah satunya yaitu perbaikan dari segi penggunaan bahan ajar. Selain itu, peserta didik akan lebih mudah dalam memahami konsep matematika jika penyajian pembelajarannya dilakukan secara kontekstual dikaitkan dengan budaya sekitar. Agar peserta didik lebih mudah dalam memahami konsep matematika, maka dibutuhkan bahan ajar yang mampu mendukung proses pembelajaran. Melalui bahan ajar, peneliti menggunakan salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan pengembangan bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika yang dapat digunakan oleh guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses pengembangan berupa lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika pencak silat pagar nusa pada materi garis dan sudut kelas VII di SMP Ma’arif 08 Ampel Wuluhan Jember. 2) Mendeskripsikan hasil kevalidan berupa lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika pencak silat pagar nusa pada materi garis dan sudut kelas VII di SMP Ma’arif 08 Ampel Wuluhan Jember. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implemantation, dan (5) Evaluation. Penelitian ini hanya sampai pada tahap ketiga yaitu tahap Development (pengembangan) dengan pertimbangan masa pandemi Covid-19 dan penelitian ini hanya berfokus pada validasi produk. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli dan lembar angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses pengembangan LKPD berbasis etnomatematika dilakukan dengan 3 tahapan yaitu, (1) Tahap analisis, pada tahap ini dilakukan analisis kebutuhan, karakteristik peserta didik dan etnomatematika (2) Tahap desain, pada tahap ini dilakukan menyiapkan sumber referensi, menyusun desain produk dan menyusun desain instrumen (3) Tahap pengembangan, pada tahap ini dilakukan validasi ahli, revisi dan penyebaran angket respon peserta didik. 2) Hasil penilaian kevalidan LKPD diperoleh rata-rata persentase dari tiga validator ahli yaitu, sebesar 84,44%. Respon atau tanggapan peserta didik diperoleh rata-rata persentase sebesar 88,25%. Berdasarkan hasil validasi LKPD dan angket respon peserta didik, maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis etnomatematika pencak silat pagar nusa telah memenuhi kriteria valid atau dapat digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 Jun 2023 00:28
Last Modified: 05 Jun 2023 00:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23979

Actions (login required)

View Item View Item