Campur Tangan Orang Tua Dan Dampaknya Terhadap Rumah Tangga Anak Perspektif Hukum Islam (Studi lapangan di Desa Mayang Kecamatan Mayang Kabupaten Jember)

Mukarromah, Wahdatur Rike Uyunul (2020) Campur Tangan Orang Tua Dan Dampaknya Terhadap Rumah Tangga Anak Perspektif Hukum Islam (Studi lapangan di Desa Mayang Kecamatan Mayang Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wahdatur Rike Uyunul Mukarromah_S20151022.pdf

Download (4MB)

Abstract

Telah Banyak Kasus yang berisi tentang Campur Tangan atau Intervensi Orang Tua dalam kehidupan Keluarga anak, Beserta Dampak yang terjadi dalam Rumah Tangga Anak. Memiliki keluarga Idealnya memiliki tempat tinggal sendiri, tidak tinggal bersama kedua orang tua (Mertua). Pada kenyataannya penulis juga menemui beragam Permasalahan Campur Tangan OrangTua dan Dampaknya terhadap Rumah Tangga Anak. Inilah yang membuat Penulis tertarik ingin meneliti tiga keluarga di Desa Mayang Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Fokus Penelitian ini adalah : Pertama, Bagaimana factor yang Terjadi dalam Intervensi Orang Tua dalam Rumah Tangga Anak di Desa Mayang Kabupaten Jember? Kedua, Bagaimana Dampak Campur Tangan orang tua terhadap Rumah Tangga Anak di Desa Mayang Kabupaten Jember? Ketiga, Bagaimana Pandangan Hukum Islam terhadap Intervensi Orang Tua dalam Rumah Tangga Anak di Desa Mayang Kabupaten Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah: Pertama, Untuk mengetahui suatu Faktor yang terjadi dalam intervensi orang tua dalam rumah tangga anak di desa mayang kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Kedua, Untuk memahami dampak campur tangan orag tua terhadap rumah tangga anak di desa mayang kecamatan mayang kabupaten jember. Ketiga, Untuk menganalisis bagaimana pandangan hukum islam terhadap intervensi orang tua dalam rumah tangga anak di desa mayang kecamatan mayang kabupaten jember. Studi ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan normatifsosiologis sebagai penilaian hukum islam terhadap campur tangan orang tua dan Dampaknya terhadap Rumah Tangga Anak, berdasarkan data yang diambil dari hasil wawancara dan observasi langsung dengan masyarakat kemudian di dekati dengan pandangan Hukum Islam. Hasil Penelitian ini adalah; pertama, secara garis besar, menjelaskan bentuk intervensi orangtua yang diaplikasikan terhadap anaknya yang sudah berkeluarga, yakni intervensi dalam masalah materi yang meliputi tempat tinggal dan Intervensi dalam masalah Inmateri yang mencakup nasehat orang tua. Kedua, mengetahui dampak yang terjadi dalam Rumah Tangga anak Khususnya akibat campur tangan Orang Tua yang membuat Pengaruh Negatif terhadap Rumah Tangga Anak yaitu ketiga pasangan suami istri ini tidak lagi merasakan keharmonisan dalam Rumah Tangga mereka.Ketiga, Hukum islam terhadap campur tangan Orang Tua kepada keluarga anak dengan mengajarkan nilai-nilai kewajiban suami terhadap Istri, kewajiban orangtua terhadap anak, dan ajaran Islam tentang pentingnya menjaga anak keturunan dari api neraka. Hukum Islam memperbolehkan selama intervensi tersebut tidak merusak hubungan suami istri (keluarga anak) untuk menciptakan keluarga yang sakinah,mawaddah dan rahmah. Kata Kunci : Intervensi Orang Tua, Dampak terhadap Keluarga Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 Jun 2023 00:29
Last Modified: 05 Jun 2023 00:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23984

Actions (login required)

View Item View Item