Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam Menanamkan Karakter Gemar Membaca Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

Hasanah, Wardatul (2020) Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam Menanamkan Karakter Gemar Membaca Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wardatul Hasanah_T20164024.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sekolah Dasar merupakan jenjang dimana anak masih gemar belajar dan bermain, salah satunya belajar membaca. Sekolah menjadi tempat yang banyak menghabiskan waktu anak-anak terutama dalam belajar. Oleh karena itu sekolah memiliki peran yang cukup penting dalam perkembangan anak dalam kegiatan belajar terutama dalam hal membaca. Melihat kondisi dan situsi saat ini banyak peserta didik yang kurang minat dalam membaca. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan MIN 6 Jember mendukung adanya Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan menerapkan gerakan literasi tersebut. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) ini merupakan salah bentuk upaya MIN 6 Jember dalam menanamkan Karakter gemar membaca pada peserta didik sejak usia sekolah dasar. Fokus yang dikaji pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam menanamkan karakter gemar membaca peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam menanamkan karakter gemar membaca peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 3) Bagaimana evaluasi dari Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam menanamkan karakter gemar membaca peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam menanamkan karakter gemar membaca peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam menanamkan karakter gemar membaca peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi dari Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam menanamkan karakter gemar membaca peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk menjawab fokus penelitian diatas, peneliti menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan model Miles dan Hubermen yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Perencanaan gerakan literasi sekolah dalam menanamkan karakter gemar membaca peserta didik di MIN 6 Jember meliputi sarana dan prasarana. 2) Pelaksanaan gerakan lietrasi sekolah dalam menanamkan karakter gemar membaca peserta didik di MIN 6 meliputi tiga tahap yakni, pembiasaan, pengembangan, dam pembelajaran. 3) Evaluasi gerakan literasi sekolah dalam menanamkan karakter gemar membaca peserta didik di MIN 6 Jember yakni memaksimalkan sarana dan prasarana yang ada di sekolah, dan kemampuan membaca dari peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 Jun 2023 00:29
Last Modified: 05 Jun 2023 00:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23985

Actions (login required)

View Item View Item