Implementasi Strategi Pembelajaran Tuntas Dalam Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadit’ di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi.

Yana, Widia Sukma (2021) Implementasi Strategi Pembelajaran Tuntas Dalam Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadit’ di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Widia Sukma Yana_T20171056.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Tuntas Pendekatan pembelajaran tuntas adalah salah satu usaha dalam pendidikan yang bertujuan untuk memotivasi peserta didik mencapai penguasaan (mastery level) terhadap kopetensi tertentu. Dengan menempatkan pembelajarn tuntas (mastery Learbing) sebagai salah satu prinsip utama dalam mendukung pelaksanaan kurikulum berbasis kopetensi, berarti pembelajaran tuntas merupakan sesuatu yang harus dipahami dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh warga sekolah, untuk itu perlu adanya panduan yang memberikan arah serta petunjuk bagi guru dan warga sekolah tentang bagimana pembelajaran tuntas seharusnya dilaksanakan. Belajar tuntas berasumsi bahwa didalam kondisi yang tepat semua peserta didik mampu belajar dengan baik, dan memperoleh hasil yang maksimal terhadap seluruh materi yang dipelajari. Fokus Penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penggunaan Media dan Interaksi siswa dengan media pembelajaran dalam strategi pembelajaran tuntas dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits diMadrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi 2) Bagaimana metode dalam strategi pembelajaran tuntas dalam Pembelajaran AlQur’an Hadits diMadrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi Tujuan Penelitian ini Yaitu: 1) Mendiskripsikan penggunaan Media dan Interaksi siswa dengan media pembelajaran dalam strategi pembelajaran tuntas dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits diMadrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi 2) Mendiskripsikan metode dalam strategi pembelajaran tuntas dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits diMadrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis kualitatif model interaktif yang dikembangkan oleh Milles, Huberman dan Saldana tahun 2014 yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: 1) penggunaan media pembelajaran dan interaksi siswa terhadap media yang di berikan sekolahan dimana siswa merasakan keaktifan, dan tidak merasa bosan dalam proses pembelajaran, siswa dapat mencari referensi atau informasi melalui internet tidak hanya terpaku dengan buku pegangan siswa dan juga guru. 2) metode yang digunakan dalam proses pembelajaran tuntas yaitu dengan menggunakan metode ceramah,kelompok dan tutor sebaya. Di adakannya kelas bengkel al-qur’an bagi siswa yang kurang begitu lancar dalam mengajinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 Jun 2023 00:29
Last Modified: 05 Jun 2023 00:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23988

Actions (login required)

View Item View Item