Analisis Implementasi Digital Banking Dalam Peningkatan Kualitas Layanan Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember.

Amalia, Wilda Rizqi (2021) Analisis Implementasi Digital Banking Dalam Peningkatan Kualitas Layanan Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wilda Rizqi Amalia_E20161034.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi digital membawa perubahan inovasi produk dan jasa yang semakin berkembang dan mampu memberikan pengaruh yang cukup tinggi bagi pendapatan perbankan. Digital Banking Mandiri Syariah mampu memberikan peningkatan berupa kualitas layanan dengan memanfaatkan teknologi melalui aplikasi handphone dan internet, nasabah melakukan transaksi tanpa harus datang ke kantor. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi digital banking dalam peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember?. 2) Apakah hambatan dan solusi dari implementasi digital banking dalam peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi digital banking dalam meningkatkan Kualitas Layanan kepada Masyarakat pada Bank Syariah Mandiri KC Jember. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan hambatan dan solusi dalam penerapan digital banking dalam meningkatkan kualitas layanan kepada Masyarakat pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Field Research menggunakan pendekatan deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik Purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian adalah: 1) Dalam reliabilitasnya BSM menyampaikan pelayanan menggunakan aplikasi marketing tools, Mandiri Syariah University mempunyai basic staff program training, refreshment dan evaluasi untuk pengembangan kompetensi, kemampuan daya tanggap memuaskan, pengaksesan berjalan cepat, menginformasikan kepastian waktu penyampaian jasa dan informasi yang diberikan lengkap. Kemampuan menumbuhkan rasa percaya berupa pertanggungjawaban atas tindakan pelayanan yang kurang memuaskan, layanan yang lebih baik secara waktu dan sistem. Kemampuan empati BSM mengembangkan digital banking menyesuaikan gaya hidup nasabah berupa bukti fisik inovasi aplikasi mobile banking. 2) Hambatan dan solusi berupa gangguan sistem digital banking, layanan fitur e-commerce kurang lengkap, kendala penyimpanan daftar nomer rekening, kekuatan signal lemah, memori hp full, nomer hp harus terdaftar melalui sms banking dan tersedianya pulsa untuk kode token. Katakunci: Digital Banking, Kualitas Layanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 Jun 2023 00:27
Last Modified: 05 Jun 2023 00:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23989

Actions (login required)

View Item View Item