Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas IX B Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Penggunaan Media Film di MTs Wahid Hasyim Kunir Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023

Dwi Fatmawati, Nadia (2023) Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas IX B Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Penggunaan Media Film di MTs Wahid Hasyim Kunir Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
NADIA DWI FATMAWATI_T20191040.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Nadia Dwi Fatmawati, 2023: Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas IX B Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Penggunaan Media Film di MTs Wahid Hasyim Kunir Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Peningkatan Minat Belajar Siswa, Sejarah Kebudayaan Islam, Media Film.
Sejarah kebudayaan islam merupakan salah satu mata pelajaran yang biasanya berisi mengenai sejarah, baik dari perjuangan Rasulullah SAW dan para sahabat dalam mengajarkan dan mengembangkan agama islam hingga agama islam menjadi agama yang berkembang pesat hingga saat ini. Akan tetapi pada saat kegiatan pembelajaran sejarah kebudayaan islam banyak siswa yang merasa bosan, ada siswa yang mengobrol sendiri dengan temannya, dan ada yang tidak memperhatikan penjelasan guru. Hal tersebut karena rendahnya minat belajar yang ada pada diri siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran sejarah kebudayaan islam dan penggunaan metode pembelajaran yang monoton. Hal ini dikuatkan dengan hasil angket pada pra-siklus bahwasanya 59,9% siswa menunjukkan bahwa minat belajarnya pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam rendah. Minat belajar merupakan hal yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran, karena dengan adanya minat belajar maka siswa akan lebih bersemangat, merasa senang dan tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
Dari uraian tersebut diperoleh suatu permasalahan yaitu Apakah penggunaan media film dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IX B pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MTs Wahid Hasyim Kunir Lumajang? Dari permasalahan tersebut dapat dirumuskan sebuah cara pemecahan masalah yakni melalui penggunaan media film sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan islam. Oleh karena itu, maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IX B pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam melalui penggunaan media film di MTs Wahid Hasyim Kunir Lumajang tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan mixed methods. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX B yang berjumlah 10 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada tahap pra siklus diperoleh nilai 59,9%, siklus I diperoleh nilai 72,2%, dan siklus II diperoleh nilai 80,9%. Nilai tersebut mengalami peningkatan dan sudah melampaui indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 75%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwasanya penggunaan media film pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IX B di MTs Wahid Hasyim Kunir Lumajang tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mis Nadia Dwi Fatmawati
Date Deposited: 09 Jun 2023 07:19
Last Modified: 09 Jun 2023 07:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24002

Actions (login required)

View Item View Item