Implementasi Nilai-nilai Toleransi pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Infarul Ghoyyi Gresik

Nasihah, Firdatun (2023) Implementasi Nilai-nilai Toleransi pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Infarul Ghoyyi Gresik. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Firdatun Nasihah T20194053.pdf

Download (3MB)

Abstract

Toleransi merupakan sikap saling menghargai dan kerja sama antar kelompok masyarakat yang berbeda baik dalam etnis, bahasa, budaya, politik, maupun agama. Toleransi tidak hanya tentang agama saja, akan tetapi toleransi juga melibatkan sikap yang merupakan fondasi utama seseorang dalam menciptakan kehidupan yang damai dalam bermasyarakat.
Fokus Penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan Nilai-nilai Toleransi pada Pembelajaran Tematik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Infarul Ghoyyi Gresik? 2) Bagaimana pelaksanaan Nilai-nilai Toleransi pada Pembelajaran Tematik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Infarul Ghoyyi Gresik? 3) Bagaimana evaluasi Nilai-nilai Toleransi pada Pembelajaran Tematik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Infarul Ghoyyi Gresik?
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan Nilai-nilai Toleransi pada Pembelajaran Tematik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Infarul Ghoyyi Gresik. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan Nilai-nilai Toleransi pada Pembelajaran Tematik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Infarul Ghoyyi Gresik. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi Nilai-nilai Toleransi pada Pembelajaran Tematik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Infarul Ghoyyi Gresik.
Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Analisis data data penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman dan Saldana.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Perencanaan nilai-nilai toleransi pada pembelajaran Tematik kelas IV ini menggunakan Silabus dan juga RPP. 2) Pelaksanaan nilai-nilai toleransi pada pembelajaran Tematik kelas IV ini menggunakan 4 langkah diantaranya menggunakan aturan kelas, memberikan motivasi atau teladan yang baik, bakti sosial, dan strategi peran teman sebaya. 3) Evaluasi nilai-nilai toleransi pada pembelajaran tematik menggunakan penilaian sikap berupa penilaian skala likert.
Kata Kunci: Implementasi Nilai-nilai Toleransi, Pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Firdatun Nasihah
Date Deposited: 06 Jun 2023 01:50
Last Modified: 06 Jun 2023 01:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24005

Actions (login required)

View Item View Item