Implementasi Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) Dalam Permodalan Pertanian di Kelompok Tani Jambesari Jaya 6 Desa Jambesari.

Suhkaifiyah, Winayatus (2020) Implementasi Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) Dalam Permodalan Pertanian di Kelompok Tani Jambesari Jaya 6 Desa Jambesari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Winayatus Suhkaifiyah_E20162075.pdf

Download (6MB)

Abstract

PUAP (Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan) merupakan program kebijakan pemerintah melalui kementerian pertanian bagi petani di perdesaan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup, kemandirian, dan kesejahteraan dengan memberikan fasilitasi bantuan modal usaha untuk para petani yang salah satu tujuannya yaitu memberikan kapasitas akses pembiayaan kepada petani yang dikoordinasi dan dikelola oleh Gapoktan sebagai lembaga pertanian desa yang berfungsi sebagai koperasi tani dengan bentuk pinjaman bergulir yang digunakan untuk modal maupun tambahan pembiayaan usaha dalam sektor pertanian. Fokus penelitian yang ada dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana implementasi dana program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) Gapoktan Darus Sholah Desa Jambesari Kecamatan Jambessari Darus Sholah Kabupaten Bondowoso?. 2) Bagaimana kondisi permodalan pada Kelompok Tani (poktan) Jambesari Jaya 6 sebelum dan setelah menggunakan program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP)?. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui implementasi dana program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) Gapoktan Darus Sholah Desa Jambesari Kecamatan Jambessari Darus Sholah Kabupaten Bondowoso. 2) Untuk mengetahui kondisi permodalan pada Kelompok Tani (poktan) Jambesari Jaya 6 Desa Jambesari Kecamatan Jambesari Darus Sholah Kabupaten Bondowoso sebelum dan setelah menggunakan program PUAP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Dalam penentuan subjek penelitian menggunakan purposive serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Implementasi dana program PUAP yang dikoordinasi dan dikelola oleh Gapoktan Darus Sholah menerapkan strategi pelaksanaan dengan melalui beberapa tahap mekanisme pemberian pinjaman yaitu: tahap penyusunan rencana usaha (RU) oleh anggota yang hendak meminjam, tahap pengajuan pinjaman dengan RU disampaikan kepada ketua poktan yang kemudian RU dipelajari oleh ketua poktan dan mengajukan pinjaman kepada Gapoktan, tahap penyaluran pinjaman oleh Gapoktan kepada ketua Kelompok Tani sesuai dengan RU yang telah diajukan dan dianggap lebih mengenal usaha tani serta karakter peminjam, pinjaman dikenakan bunga sebesar 8% dengan pembayaran di awal dengan waktu pengembalian 4 bulan atau masa panen. 2) Kondisi permodalan poktan Jambesari Jaya 6 sebelum menggunakan dana PUAP mengalami kesulitan akan sumber permodalan dengan tingkat suku bunga yang rendah serta mudah dan cepat, sedangkan setelah menggunakan dana PUAP petani mendapatkan sumber permodalan yang fleksibel dengan tingkat suku bunga yang rendah serta tanpa jaminan pinjaman, Kata Kunci: Program PUAP, Permodalan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:50
Last Modified: 05 Jun 2023 01:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24007

Actions (login required)

View Item View Item