Inovasi Sistem Informasi Manajemen dalam Mengembangkan Mutu Layanan Pendidikan di Pondok Pesantren Sidogiri

Mohmad, Yahya (2023) Inovasi Sistem Informasi Manajemen dalam Mengembangkan Mutu Layanan Pendidikan di Pondok Pesantren Sidogiri. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Acchmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOHAMAD YAHYA WATERMAKS.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK

Mohamad Yahya. 2022. Inovasi Sistem Informasi Manajemen dalam Mengembangkan Mutu Layanan Pendidikan di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan. Desertasi. Program Studi Manajemen Pendidikn Islam Pascasarjana Universitas Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember. Pembimbing I : Prof. Dr. H. Moh. Khusnuridlo, M.Pd. Pembimbing II: Dr. H. Sofyan Tsauri, MM.

Kata Kunci : Inovasi Sistem Informasi Manajemen, Mutu Layanan Pendidikan

Terdapat hal menarik dan unik di pondok pesantren Sidogiri Pasuruan di tengah kemajuan Inovasi diperlihatkan dari model Pendidikan yang terdapat di pondok pesantren Sidogiri yang masih memegang erat budaya pondok pesantren salafiyah, tetapi sistem informasi manajemenya sudah modern dengan aplikasi yang berbasis digital. Fokus penelitian ini adalah bagaimana inovasi aspek produk, aspek sumber daya manusia dan aspek sarana prasarana dalam sistem informasi manajemen untuk mengembangkan mutu layanan pendidikan di pondok pesantren Sidogiri Pasuruan? Tujuan penelitian ini adalah menemukan dan mendeskripsikan inovasi aspek produk, aspek sumberdaya manusia dan aspek sarana prasarana dalam sistem informasi manajemen untuk mengembangkan mutu layanan pendidikan di pondok pesantren Sidogiri Pasuruan..
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi. Penentuan Informan purposive sampling dan snowball sampling. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan Teknik analisis data, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan atau verifikasi kesimpulan. Teknik uji keabsahan data dengan trianggulasi sumber, metode, teori dan mamber check.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi aspek produk dalam sistem informasi manajemen untuk mengembangkan mutu layanan pendidikan di pondok pesantren Sidogiri Pasuruan yang menjadi tanggung jawab Badan Pengembangan Sistem dan Teknologi Informasi (BPSTI). Inovasi aspek sumber daya manusia dalam sistem informasi manajemen untuk mengembangkan mutu layanan pendidikan di Pondok pesantren Sidogiri Pasuruan diarahkan untuk mewujudkan visi misi dari pondok pesantren Sidogiri Pasuruan. Inovasi sarana prasarana yang di pondok pesantren Sidogiri adalah berbasis teknologi pada system informasi manajemennya tetapi berbasis salaf pada materi pembelajaran pendidikannya yang berasaskan al-muhafadhotu 'ala qodimis sholih wal akhdzu bil jadidil ashlah. Inovasi sistem informasi manajemen sangat bermanfaat dalam mengembangkan layanan mutu pendidikan karena bisa dipakai oleh para pengambil keputusan dalam membuat keputusan yang tepat dan cepat. Inovasi yang secara tidak langsung turut serta dalam mengembangkan lembaga pendidikan di pondok pesantren Sidogiri Pasuruan dari sisi layanannya kepada masyarakat yang pada akhirnya dapat meningkat rasa kepercayaan “trust” masyarakat kepada lembaga.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yahya Mohamad Warda
Date Deposited: 05 Jun 2023 07:03
Last Modified: 05 Jun 2023 07:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24017

Actions (login required)

View Item View Item