Implementasi akad istishna' pada pemesanan baju di konveksi lulu taylor collection rambipuji jember

Nur Arofah, Santi (2023) Implementasi akad istishna' pada pemesanan baju di konveksi lulu taylor collection rambipuji jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
santi arofah_2.pdf

Download (2MB)

Abstract

Santi Nur Arofah, Dr, Abdul Rokhim, M.E.I 2023 : Implementasi Akad Istishna‟ Pada Pemesanan Baju Di Konveksi Lulu Taylor Collection Rambipuji Jember.

Jual beli merupakan aktifitas yang dihalakan Allah SWT. Setiap muslim diperkenkan melakukan aktivitas jual beli. Hal ini merupakan sunatullah yang telah berjalan turun-temurun. Dalam syariat Islam Jual beli terbagi menajdi dua macam yaitu secara tunai dan jual beli secara tangguh. jual beli secara tangguh terbagi menjadi tiga, yaitu jual beli murabahah, salam dan istishna‟. Ketiga jual beli tersebut sebenarnya hampir sama namun letak perbedaanya adalah pada keberadaan barang yang dijadikan sebagai objek akad dan acara pembayaran yang sedikit berbeda. Salah satu transaksi yang dibutuhkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari adalah transaksi istishna‟. Istishna‟ merupakan kontrak jualan antara produsen dan konsumen yaitu perjanjian antara pembuat barang dan pemesan barang. Salah satu usaha yang merupakan sistem jual beli istishna’ yaitu Konveksi Lulu Taylor Collection.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana implementasi akad istishna‟ pada pesanan baju di Konveksi Lulu Taylor Collection Rambipuji Jember? 2)Bagaimana implikasi jual beli istishna‟ pada pesanan pada Konveksi Lulu Taylor Collection Rambipuji Jember?
Tujuan penelitian ini dilakukan:1)Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pesanan baju di Konveksi Lulu Taylor Collection Rambipuji Jember 2)Untuk mengetahui implementasi akad istishna‟ pemesanan baju di konveksi Lulu Taylor Collection Rambipuji Jember Untuk mengidentifikasi masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam observasi dan dokumentasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan dan jenis penelitian kualitatif, deskriptif dengan subyek penelitian dengan menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis deskriptif dengan tujuan untuk menguji keabsahan data dan menggunakan triangulasi sumber.
Kesimpulan: 1) Dalam pelaksanaan akad istishna‟ di Konveksi Lulu Taylor Collection ini sangatlah mudah. Sudah sesuai dengan akad tersebut sebagaimana sudah dijelaskan bahwa memesan barang dengan memenuhi keinginan apa yang diinginkan konsumen. 2) Implementasi penggunaan akad Istishna pada pesanan baju di Konveksi ini sudah memenuhi rukun dan syarat akad Istishna. Serta semua aturan sudah memenuhi. Adapun jika konsumen merasa pesanan yang di pesan tidak sesuai dengan apa yang sudah di jelaskan di awal pemesanan maka pihak Konveksi Lulu Taylor Collection akan bertanggung jawab secara penuh jika kelalaian tersebut memang dilakukan oleh pihak konveksi.

Kata kunci: Akad istishna, jual beli, murabahah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140399 Econometrics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Santi Nur Arofah
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:01
Last Modified: 06 Jun 2023 02:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24019

Actions (login required)

View Item View Item