KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DALAM MENGEMBANGKAN MUTU TENAGA PENDIDIK DI SMK MAARIF TERPADU TEMPUREJO KABUPATEN JEMBER

KHAIR, NAJIBUL (2023) KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DALAM MENGEMBANGKAN MUTU TENAGA PENDIDIK DI SMK MAARIF TERPADU TEMPUREJO KABUPATEN JEMBER. Masters thesis, UIN KHAS.

[img] Text
Najibul Khairi-TESIS fix_watermark-3.pdf

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK

Khairi, Najibul. 2023. Kompetensi Perempuan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Mutu Tenaga Pendidik di SMK Maarif Terpadu Tempurejo Kabupaten Jember. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Pembimbing I : Dr. H. Sofyan Tsauri, M.M
Pembimbing II : Dr. Erma Fatmawati, S.Ag., M.Pd.I

Kata Kunci: Kompetensi Perempuan Kepala Sekolah, Mutu Tenaga Pendidik.

Studi tentang kepemimpinan perempuan merupakan studi yang menarik untuk dibahas, terlebih pemimpin perempuan di satuan pendidikan. Pemimpin di satuan pendidikan adalah kepala sekolah. Kepala sekolah yang baik adalah kepala sekolah yang mampu mempengaruhi tenaga pendidik agar berkinerja baik. Namun, banyak faktor yang dapat menghambat kinerja tenaga pendidik, salah satunya adalah faktor lingkungan seperti lingkungan pedesaan. Dalam memanajemen, seorang perempuan sebagai kepala sekolah sangat memungkinkan untuk mewujudkan mutu yang baik terhadap tenaga pendidik, perempuan lebih melakukan pendekatan-pendekatan kepada hubungan kekerabatan dengan sikap egalitarian, memberdayakan segenap anggotanya serta menekankan struktur organisasi, dan mempunyai kecerdasan emosional yang tinggi. Namun dalam pandangan tradisional, perempuan diidentikkan dengan sosok yang lemah, halus, dan emosional. Sementara laki-laki digambarkan sebagai sosok yang gagah, berani, dan rasional. Pandangan ini telah memposisikan perempuan sebagai makhluk yang seolah-olah harus dilindungi dan senantiasa bergantung pada kaum laki-laki. Akibatnya jarang sekali perempuan untuk bisa tampil menjadi pemimpin. Padahal hal tersebut tidak benar, faktanya di SMK Maarif Terpadu Tempurejo terdapat kepala sekolah perempuan. Lembaga tersebut dipimpin oleh seorang perempuan sejak tahun 2013 hingga sekarang.
Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana kompetensi manajerial perempuan kepala sekolah dalam mengembangkan mutu tenaga pendidik di SMK Maarif Terpadu Tempurejo Kabupaten Jember? (2) Bagaimana kompetensi kewirausahaan perempuan kepala sekolah dalam mengembangkan mutu tenaga pendidik di SMK Maarif Terpadu Tempurejo Kabupaten Jember? (3) Bagaimana kompetensi supervisi perempuan kepala sekolah dalam mutu tenaga pendidik di SMK Maarif Terpadu Tempurejo Kabupaten Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan kebabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi teknik dan sumber serta member check. Informan penelitian yaitu kepala sekolah, kurikulum, kepala program studi dan tenaga pendidik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kompetensi Manajerial Perempuan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Mutu Tenaga Pendidik di SMK Maarif Terpadu Tempurejo Kabupaten Jember meliputi perencanaan kepala sekolah dalam pengembangan mutu tenaga pendidik, pelaksanaan perencanaan pengembangan mutu tenaga pendidik, dan evaluasi kepala sekolah dalam pengembangan mutu tenaga pendidik. (2) Kompetensi Kewirausahaan Perempuan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Mutu Tenaga Pendidik di SMK Maarif Terpadu Tempurejo Kabupaten Jember meliputi dimensi inovasi dan kreativitas, dimensi bekerja keras, dimensi motivasi yang kuat dan dimensi pantang menyerah. (3) Kompetensi supervisi perempuan kepala Sekolah dalam mengembangkan mutu tenaga pendidik di SMK Maarif Terpadu Tempurejo Kabupaten Jember meliputi penyusunan program supervisi, implementasi program supervisi, dan tindak lanjut hasil supervisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Depositing User: Najibul Khairi Fina Inayawati
Date Deposited: 05 Jun 2023 07:25
Last Modified: 05 Jun 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24020

Actions (login required)

View Item View Item