KONSEP MAKANAN HALAL DAN TAYYIB DALAM AL-QUR'AN PERSPEKTIF TAFSIR MAQASIDI

Ulfa, Hidayatul (2023) KONSEP MAKANAN HALAL DAN TAYYIB DALAM AL-QUR'AN PERSPEKTIF TAFSIR MAQASIDI. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hidayatul Ulfa_U20191135.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fenomena yang banyak terjadi, bahwa karena tuntutan sebuah perekonomian seseorang yang mencari rezeki tanpa memperhatikan konsep halal yang dilakukan untuk mendapatkannya, padahal di dalam Islam makanan itu tidak hanya dilihat dari segi halal saja, namun harus mengandung makna ṭayyib (cara yang baik). Di hadapan kita banyak olahan makanan yang beraneka ragam jenis, dan coraknya yang di olah dengan bahan-bahan kimiawi dengan menggunakan mesin berteknologi tinggi. Meskipun semua itu dicantumkan komposisinya, namun hal ini tetap sulit di fahami karena menggunakan istilah-istilah ilmiah. Oleh karena itu, setiap individu harus benar-benar memperhatikan apa yang di konsumsi. Dalam hal ini, penulis mengkaji tema ini dengan menggunakan pendekatan tafsir maqâṣidi dengan bertujuan agar tidak hanya mengetahui dari segi kebahasaan, segi hukum melainkan dengan mengetahui dari segi maqâṣidnya. Tafsir maqâṣidi berusaha untuk menyingkap makna tersembunyi dibalik ayat dengan menekankan pada dimensi maqâṣidnya. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan tafsir maqâṣidi, diharapkan tidak hanya memahami melainkan mampu mengantarkan kepada maqâṣid yang mampu membawa maṣlâhah. Setiap perintah yang di syariatkan oleh Allah Swt. dalam Al-Qur’an memiliki maqâṣid (tujuan) tertentu bertujuan untuk kemaslahatan umat manusia.

Kata kunci: Makanan Halal, Ṭayyib, Tafsir Maqâṣidi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: ms. Hidayatul Ulfa
Date Deposited: 09 Jun 2023 07:14
Last Modified: 09 Jun 2023 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24058

Actions (login required)

View Item View Item