Pengaruh Task Commitment dan Adversity Quotient terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA di SMAN 5 Jember

Isnayni, Mila (2023) Pengaruh Task Commitment dan Adversity Quotient terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA di SMAN 5 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad SIddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Mila Yatimatul Isnayni T20198006.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh task commitment dan adversity quotient yang merupakan salah satu faktor internal dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Task commitment dan adversity quotient sangat diperlukan oleh siswa di dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan dengan guru biologi SMAN 5 Jember, Drs. Dwi Herwanto, bahwa masih ada beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran, yaitu masih ada siswa yang kurang bertanggungjawab terhadap tugasnya dan kurangnya daya juang siswa.
Rumusan masalah yang diteliti di dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah task commitment siswa kelas XI MIPA di SMAN 5 Jember? 2) Bagaimanakah adversity quotient siswa kelas XI MIPA di SMAN 5 Jember? 3) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMAN 5 Jember? 4) Bagaimanakah pengaruh task commitment dan adversity quotient secara stimultan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMAN 5 Jember? 5) Bagaimanakah pengaruh task commitment dan adversity quotient secara parsial terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMAN 5 Jember?.
Penelitian ini dilakukan di SMAN 5 Jember dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal yang menggunakan metode survey. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 134 siswa. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin yang didapat 100 siswa, dengan menggunakan teknik cluster random sampling maka diambil sebanyak 3 kelas yang berjumlah 101 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner dan dokumentasi serta analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Task commitment siswa kelas XI MIPA di SMAN 5 Jember dalam kategori tinggi dengan presentase sebesar 40,6%. 2) Adversity quotient siswa kelas XI MIPA di SMAN 5 Jember dalam kategori tinggi dengan presentase sebesar 36,6%. 3) Hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMAN 5 Jember dalam kategori sangat tinggi dengan presentase sebesar 63,3%. 4) Terdapat pengaruh signifikan task commitment dan adversity quotient secara stimultan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMAN 5 Jember. 5) Terdapat pengaruh signifikan task commitment dan adversity quotient secara parsial terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMAN 5 Jember.

Kata Kunci : Task Commitment, Adversity Quotient, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mila Yatimatul Isnayni
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:17
Last Modified: 12 Jun 2023 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24060

Actions (login required)

View Item View Item