Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Permainan Bola Sodok Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial kelas VII di SMP Negeri 2 Ajung Jember.

Harianto, Ferdi Agus (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Permainan Bola Sodok Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial kelas VII di SMP Negeri 2 Ajung Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ferdi agus harianto_T20197067_Watermark.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran yang digunakan di SMP Negeri 2 Ajung di mana masih berpusat kepada guru dan tidak melibatkan peran aktif siswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran sehingga menimbulkan minat belajar matematika siswa yang rendah. Salah satu alternatif yang diharapkan menjadi solusi yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantuan media permainan bola sodok yang diharapkan mampu meningkatkan minat belajar matematika siswa.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana minat belajar matematika siswa kelas VII yang menggunakan metode ceramah di sekolah pada materi Aritmatika Sosial di SMPN 2 Ajung Jember.? 2) Bagaimana minat belajar matematika siswa kelas VII yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantuan media permainan bola sodok pada materi Aritmatika Sosial di SMPN 2 Ajung Jember.? 3) Adakah Pengaruh dalam penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media permainan bola sodok terhadap minat belajar matematika siswa pada materi Aritmatika Sosial kelas VII di SMP Negeri 2 Ajung Jember.?
Metode penelitian yang digunakan yakni Quasi Eksperimen dengan desain nonequivalent control group design dan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Kemudian, analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial, serta uji hipotesis uji-t. Total populasi sebanyak 101 siswa dengan 50 siswa menjadi sampel.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1) minat belajar matematika siswa kelas kontrol diperoleh nilai terendah 51; median 65; nilai tertinggi 90; mean 69,3333; varians 117,449; dan standar deviasi 10,83740. Persentase minat belajar dengan 20,83% kategori sangat tinggi, 25% kategori tinggi, 4,16% kategori rendah. 2) minat belajar matematika siswa kelas eksperimen diperoleh nilai terendah 64; median 79; nilai tertinggi 95; mean 80,0385; varians 68,519; dan standar deviasi 8,27759. Persentase minat belajar dengan 42,30% kategori sangat tinggi, 53.84% kategori tinggi, 3,84% kategori sedang. 3) berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,901 > 2,011 atau melihat nilai sig (2-Tailed) yaitu 0,000 < 0,05. Sehingga bisa disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima atau ada pengaruh dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantuan media permainan bola sodok terhadap minat belajar matematika siswa.

Kata kunci: Teams Games Tournament (TGT), Permainan Bola Sodok, Minat Belajar Matematika Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010405 Statistical Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: FERDI AGUS HARIANTO
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:11
Last Modified: 08 Jun 2023 07:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24061

Actions (login required)

View Item View Item