Pengaruh persepsi kemudahan dan kegunaan terhadap minat nasabah dalam bertransaksi menggunakan aplikasi Pegadaian Digital Service (Studi pada PT. Pegadaian Unit Pembantu Cabang Balung Kabupaten Jember)

KURNIASARI, ENDANG (2023) Pengaruh persepsi kemudahan dan kegunaan terhadap minat nasabah dalam bertransaksi menggunakan aplikasi Pegadaian Digital Service (Studi pada PT. Pegadaian Unit Pembantu Cabang Balung Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text
ENDANG KURNIASARI_E20181064.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Endang Kurniasari, Dr. Khamdan Rifa’i S.E., M. Si 2023: Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Kegunaan terhadap Minat Nasabah Dalam Bertransaksi Menggunakan Aplikasi Pegadaian Digital Service (Studi pada PT. Pegadaian Cabang UPC Balung Kabupaten Jember).
Perkembangan teknologi kini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Berbagai layanan bermunculan guna memudahkan manusia dalam aktifitasnya. perusahaan non-bank pun juga menggunakan strategi yang sama, seperti PT. Pegadaian (Persero) dengan aplikasinya bernama Pegadaian Digital Service. Tujuannya untuk memberikan layanan secara optimal kepada nasabah ataupun dapat digunakan untuk menarik nasabah baru. Dalam sebuah teori menyebutkan bahwa penerimaan seorang nasabah ataupun pelanggan akan sebuah teknologi baru didasarkan pada persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan.
Maka, tujuan penelitian adalah mengelaborasi pengaruh yang ditimbulkan oleh persepsi kemudahan dan persepsi kegunaan terhadap minat bertransaksi pada Pegadaian Digital Service (PDS). Adapun rumusan masalah yang ditimbulkan sebagai berikut: pertama, apakah persepsi kemudahan berpengaruh terhadap minat bertransaksi pada Pegadaian Digital Service? Kedua, apakah persepsi kegunaan berpengaruh terhadap minat bertransaksi pada Pegadaian Digital Service? Ketiga, apakah persepsi kemudahan dan kegunaan berpengaruh secara simultan terhadap minat bertransaksi pada Pegadaian Digital Service (PDS)?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis pendekatan Explanantory Research. Data yang digunakan adalah data primer dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini ialah nasabah pengguna Pegadaian Digital Service dari PT. Pegadaian (Persero) Cabang UPC Balung dengan sampel yang dibutuhkan berjumlah 50 responden. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Sedangkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini ialah pertama, persepsi kemudahan berpengaruh secara signifikan terhadap minat bertransaksi pada PT. pegadaian (Persero) Cabang UPC Balung dengan nilai thitung yang didapatkan sebesar 3.823 > 1.6779 ttabel dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 yang berimplikasi pada H0 ditolak dan H1 diterima. Seperti halnya persepsi kemudahan, persepsi kegunaan berpengaruh secara signifikan dan bernilai positif terhadap minat bertransaksi pada Pegadaian Digital Service. Dengan nilai thitung didapatkan sebesar 4.619 > 1.6779 ttabel dan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Implikasinya ialah H0 ditolak dan H2 diterima. Secara simultan persepsi kemudahan dan kegunaan berpengaruh terhadap minat bertransaksi pada Pegadaian Digital Service dengan Fhitung yang diperoleh 55.552 > 3.191 Ftabel dengan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 implikasinya H0 ditolak dan H3 diterima.
Kata Kunci: Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Minat Bertransaksi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms ENDANG KURNIASARI
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:28
Last Modified: 08 Jun 2023 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24069

Actions (login required)

View Item View Item