Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMPN 1 Arjasa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) materi aritmatika sosial berdasarkan gender

HAFID, HAFID and KHOLIFAH, KHOLIFAH and KAMILIA, RITKOTUL and FIANA, CINDY (2023) Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMPN 1 Arjasa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) materi aritmatika sosial berdasarkan gender. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI CINDY FIANA (T20197035) WATERMARK FIX.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dimiliki siswa. Padahal kemampuan berpikir tingkat tinggi memiliki peran penting dalam pembelajaran matematika untuk menyelesaikan suatu permasalahan matematika. Agar siswa memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi yang baik, maka siswa harus terbiasa untuk melatih dirinya untuk menyelesaikan permasalahan yang dianggapnya sulit.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa laki-laki dalam menyelesaikan soal higher order thinking skills (HOTS) materi Aritmatika Sosial, 2) mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa perempuan dalam menyelesaikan soal higher order thinking skills (HOTS) materi Aritmatika Sosial.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang dilakukan di kelas VIIF yang berjumlah 32 siswa di SMP Negeri 1 Arjasa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 6 subjek dengan 3 subjek laki-laki dan 3 subjek perempuan yang mempunyai kemampuan berpikir tingkat tinggi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Untuk keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Siswa laiki-laki tidak mampu mencapai semua indikator dari berpikir tingkat tinggi. Siswa laki-laki mampu memenuhi indikator menganalisis tetapi jawaban yang diperoleh kurang tepat. Kemudian untuk indikator mengevaluasi siswa laki-laki mampu memenuhinya. Dan untuk indikator mencipta siswa laki-laki mampu memenuhi dan terdapat satu subjek yang tidak mampu memenuhi indikator mencipta. 2) Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa perempuan pada penelitian ini yaitu siswa mampu memenuhi semua indikator berpikir tingkat tinggi dan terdapat beberapa siswa yang hanya mampu memenuhi indikator dari berpikir tingkat tinggi yaitu indikator menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Namun, walaupun hanya sebagian siswa yang mampu memenuhi semua indikator berpikir tingkat tinggi, tetapi subjek perempuan terlihat lebih baik daripada subjek laki-laki dalam memecahkan permasalahan matematika.

Kata Kunci : Berpikir Tingkat Tinggi, Soal HOTS, Aritmatika Sosial, Gender

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010301 Numerical Analysis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Cindy Fiana Hafid
Date Deposited: 09 Jun 2023 07:07
Last Modified: 09 Jun 2023 07:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24070

Actions (login required)

View Item View Item