Proses Terjadinya Hujan dalam Al-Qur'an (Kajian Tematik dalam Channel YouTube Ustadz Ahmad Dusuki)

Azka, Afkarina (2023) Proses Terjadinya Hujan dalam Al-Qur'an (Kajian Tematik dalam Channel YouTube Ustadz Ahmad Dusuki). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI AZKA AFKARINA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Azka Afkarina, 2023: Proses Terjadinya Hujan Dalam Al-Qur’ân (Kajian Tematik Dalam Channel YouTube Ustadz Ahmad Dusuki)
Kata Kunci: Hujan, Ustadz Ahmad Dusuki, Ilmu Sains.

Dalam al-Qur’ân terdapat banyak pembahasan mengenai kekuasaan Allah yang berkaitan dengan fenomena alam. Terdapat fenomena alam yang dianggap berbahaya dan juga tidak. Salah satu mengenai adanya fenomena alam yang tidak berbahaya adalah hujan. Hujan merupakan salah satu fenomena yang menjadi bukti akan kekuasaan dan kebesaran Allah. Turunnya hujan ke bumi tentunya melalui beberapa proses, yakni melalui proses evaporasi kemudian kondensasi dan terakhir presipitasi. Pada penelitian ini, menggunakan surah al-Nûr ayat 43, yang penjelasan ayatnya menggunakan hasil ceramah Ustadz Ahmad Dusuki melalui channel YouTube. Dalam ceramah Ustadz Ahmad Dusuki, dikatakan secara jelas bahwa tidak ada kehebatan yang mampu menandingi kekuasaan Allah. Selain itu, dalam ceramah Ustadz Ahmad Dusuki juga mengungkap adanya makna-makna yang terkandung dalam surah al-Nûr ayat 43. Kemudian, ceramah Ustadz Ahmad Dusuki tersebut dianalisi dengan menggunakan teori relasi sains dan agama yang dikemukakan oleh Ian G. Barbour.
Penelitian ini memfokuskan pembahasan pada penafsiran Ustadz Ahmad Dusuki melalui channel YouTube mengenai proses terjadinya hujan. Kemudian mencari relevansi mengenai proses terjadinya hujan dalam al-Qur’ân dan juga ilmu sains modern.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang berbasis tafsir lisan dari penafsiran Ustadz Ahmad Dusuki dalam channel YouTube. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode descriptif-analitis. Fokus pengamatan pada penelitian ini berada pada data yang berada dalam ruang lingkup sosial media YouTube dengan menggunakan pendekatan etnografi virtual, yakni jenis pengumpulan data yang didapat dalam lingkungan online sebagai pengganti dari wawancara di lapangan.
Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti dapat memberikan kesimpulan bahwa: 1) Ustadz Ahmad Dusuki menyampaikan bahwa surah al-Nûr ayat 43 tersebut merupakan ayat yang mengandung bukti-bukti mengenai kebesaran dan kekuasaan Allah, salah satunya adalah kehebatan Allah dalam menggerakkan awan sebagai penyebab terjdinya hujan. Ceramah Ustadz Ahmad Dusuki yang dianalisis menggunakan teori relasi sains dan agama yang dikemukakan oleh Ian G. Barbour dapat mencapai kepada empat tipologi yang ada pada teori relasi sains dan agama. 2) Mengenai proses terjadinya hujan dalam al-Qur’ân dan juga ilmu sains modern tentunya sangat relevan karena keduanya sama-sama membahas mengenai hasil dari proses siklus air yang berasal dari bumi baik itu dari laut, danau ataupun sumber-sumber mata air lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0599 other environmental sciences > 059999 Environmental Sciences not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: ms azka afkarina
Date Deposited: 12 Jun 2023 06:38
Last Modified: 12 Jun 2023 06:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24073

Actions (login required)

View Item View Item