PEMUNGUTAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN OLEH PEMERINTAH DESA COBANJOYO KECAMATAN KEJAYAN KABUPATEN PASURUAN

uin khas jember, khoirissirfah (2023) PEMUNGUTAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN OLEH PEMERINTAH DESA COBANJOYO KECAMATAN KEJAYAN KABUPATEN PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN Kiai Hji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
KHOIRISSIRFAH SKRIPSI WATERMARK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pajak merupakan salah satu sumber pendapat terbesar pada suatu negara yang bisa didapatkan dari wajib pajak. Wajib pajak merupakan badan atau perorangan yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan sebagai subjek untuk melaksanakan kewajiban perpajakan. Pajak bumi dan bangunan merupakan salah satu dari pengelompokan jenis-jenis pajak. Pembayaran pajak bumi dan bangunan adalah keharusan yang wajib dibayarkan oleh wajib pajak, baik secara offline maupun online. Pemungutan pajak bumi dan bangunan yang berlangsung di desa Cobanjoyo dilakukan oleh pemerintah desa. Pembayaran pajak bumi dan bangunan pada setiap dusun seringkali tidak mencapai target.
Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana praktik pemungutan pajak bumi dan bangunan di desa Cobanjoyo kecamatan Kejayan kabupaten Pasuruan? 2) Bagaimana perspektif hukum pajak terhadap pemungutan pajak bumi dan bangunan di desa Cobanjoyo kecamatan Kejayan kabupaten Pasuruan? 3) Mengapa perolehan pemungutan pajak bumi dan bangunan di desa Cobanjoyo kecamatan Kejayan kabupaten Pasuruan tidak sesuai target?.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui Bagaimana praktik pemungutan pajak bumi dan bangunan didesa Cobanjoyo kecamatan Kejayan kabupaten Pasuruan. 2) Untuk mengetahui bagaimana perspektif hukum pajak terhadap pemungutan pajak bumi dan bangunan di desa Cobanjoyo kecamatan Kejayan kabupaten Pasuruan. 3) Untuk mengetahui mengapa perolehan pemungutan pajak bumi dan bangunan di desa Cobanjoyo kecamatan Kejayan kabupaten Pasuruan tidak sesuai target.
Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan menggunakan pendekatan sosiologi hukum. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data dilaksanakan melalui beberapa tahapan : 1) Data processing 2) Content analysis 3) Concluding. Keabsahan data yang diterapkan pada penelitian ini yaitu triangulasi sumber.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Praktik pemungutan pajak bumi dan bangunan di desa Cobanjoyo dipungut oleh seluruh perangkat desa yang dikoordinir oleh sekretaris desa. Pemungutan tersebut dilakukan kepada wajib pajak yang mempunyai kewajiban membayar pajak terutang. Pelaksanaan pemungutan pajak bumi dan bangunan berlangsung dari bulan Februari hingga bulan Agustus. 2) Pemungutan pajak bumi dan bangunan di desa Cobanjoyo kecamatan Kejayan kabupaten Pasuruan diperbolehkan dalam hukum pajak. 3)faktor yang mempengaruhi perolehan pemungutan pajak bumi dan bangunan di desa Cobanjoyo tidak sesuai target adalah karena kurangnya pengetahuan, pemahaman dan tidak adanya sosialisasi dari pemerintah terhadap wajib pajak tentang hak dan kewajiban dalam perpajakan. Sehingga mengakibatkan kurangnya kesadaran masyarakat untuk membayar pajak.

Kata Kunci : Pemungutan, Pajak Bumi dan Bangunan, Pemerintah desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Khoirissirfah UIN khas Jember
Date Deposited: 12 Jun 2023 06:45
Last Modified: 12 Jun 2023 06:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24075

Actions (login required)

View Item View Item