TINDAK PIDANA KEKERASAN TERHADAP ANAK YANG DILAKUKAN OLEH "TOXIC PARENTS" DALAM PRESPEKTIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM

Sandi, Githa (2023) TINDAK PIDANA KEKERASAN TERHADAP ANAK YANG DILAKUKAN OLEH "TOXIC PARENTS" DALAM PRESPEKTIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Githa Pitaloka Yudisi Sandi_S20174014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Githa Pitaloka Yudisi Sandi, 2022: Tindak Pidana Kekerasan Terhadap Anak Yang Dilakukan Oleh “Toxic Parents” Dalam Prespektif Hukum Positif dan Hukum Islam

Kata kunci: Kekerasan, Anak, Toxic Parents

Pola asuh buruk yang dilakukan oleh orang tua atau keluarga pada anak disebut sebagai toxic parents. Secara detail toxic parenst sendiri dapat diartikan sebagai orang tua yang mengasuh anaknya secara buruk, tanpa menghormati hak
seorang anak dan merusak kemampuan yang dimiliki oleh anaknya. Pola asuh yang buruk ini akan memberikan dampak yang berkepanjangan pada kehidupan seorang anak hingga dirinya dewasa bahkan membentuk keluarganya sendiri.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana bentuk bentuk kekerasan terhadap anak yang dilakukan toxic parents. 2) Bagaimana pertanggungjawaban hukum terhadap tindak pidana kekerasan terhadap anak yang dilakukan oleh toxic parents berdasarkan hukum positif di
Indonesia. 3) Bagaimana tinjuan hukum pidana sslam mengenai tindak pidana kekerasan terhadap anak yang dilakukan oleh toxic parents.
Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisa faktor yang menyebabkan terjadinya kekerasan terhadap anak sehingga dapat mendiskripsikan bentuk�bentuk kekerasan terhadap anak yang dilakukan oleh toxic parents. Mendeskripsikan sanksi dan pertanggungjawaban hukum terhadap tindak pidana kekerasan terhadap anak yang dilakukan oleh toxic parents berdasarkan ketentuan hukum positif di Indonesia. Serta memberikan deskripsi secara mendalam menurut tinjauan hukum Islam terkait kekerasan terhadap anak yang dilakukan oleh toxic parents.
Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode penelitian yuridis normatif dengan studi kepustakaan (library research) untuk mengumpulkan data atau karya tulis yang berkaitan dengan objek penelitian.
Adapun kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini ialah: 1) Bentuk�bentuk kekerasan terhadap anak bermacam-macam yakni kekerasan fisik (physical abuse), kekerasan psikologis (phychological abuse), kekerasan seksual (sexual abuse), dan kekerasan sosial (social abuse). 2) Sanksi dan pertanggungjawaban pelaku kekerasab terhadap anak yang dilakukan oleh toxic parents dilaksanakan sesuai ketentuang Undang-Undang No. 35 Tahun 2014. 3) Ditinjau dari hukum pidana Islam kekerasan terhadap anak dijatuhi hukuman qishash, had, dan ta’zir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180110 Criminal Law and Procedure (incl. Islamic Criminal Law, Jinayat)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Githa Pitaloka Yudisi Sandi
Date Deposited: 09 Jun 2023 08:42
Last Modified: 09 Jun 2023 08:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24077

Actions (login required)

View Item View Item