Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Menangani Konflik Interpersonal di Madrasah Ibtidaiyah Aswaja Dusun Sumberjo Desa Umbulsari Kabupaten Jember

Ayunnisa', Virly (2023) Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Menangani Konflik Interpersonal di Madrasah Ibtidaiyah Aswaja Dusun Sumberjo Desa Umbulsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
VIRLY AYUNNISA'_T20193045_Compress.pdf

Download (1MB)

Abstract

Virly Ayunnisa’, 2023: Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Menangani Konflik Interpersonal di Madrasah Ibtidaiyah Aswaja Dusun Sumberjo Desa Umbulsari Kabupaten Jember.
Kata kunci : Gaya Kepemimpinan, Konflik Interpersonal. Madrasah Ibtidaiyah Aswaja.
Konflik interpersonal merupakan konflik yang terjadi antara dua orang dan disebabkan oleh adanya perselisihan, kesalahfahaman, perbedaan tujuan, dan kepribadian. Gaya kepemimpinan kepala madrasah merupakan sikap atau perilaku yang ditunjukkan oleh kepala madrasah dalam mempengaruhi bawahannya dalam mencapai tujuan didirikannya suatu organisasi. Gaya kepemimpinan dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana cara atau strategi kepala madrasah dalam menjalankan perannya sebagai seorang pemimpin. Peneliti memilih lokasi di Madrasah Ibtidaiyah Aswaja dikarenakan peneliti mendapatkan beberapa permasalahan yang dapat dikaji oleh peneliti dalam menjawab fokus penelitian, selain itu lembaga ini meskipun memiliki lokasi yang kurang strategis, tidak jauh berbeda dengan lembaga-lembaga lainnya. Di lokasi ini juga belum pernah dijadikan tempat penelitian. Adapun ketertarikan peneliti terhadap lokasi ini adalah segala permasalahan yang terjadi di lembaga ini selalu dapat terselesaikan dengan cepat dan tepat yang mencangkup konflik interpersonal.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam menangani konflik antara kepala madrasah dengan guru di Madrasah Ibtidaiyah Aswaja? 2) Bagaimana gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam menangani konflik antara guru dengan guru di Madrasah Ibtidaiyah Aswaja? 3) Bagaimana gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam menangani konflik antara siswa dengan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Aswaja? Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam menangani konflik antara kepala madrasah dengan guru, guru dengan guru, dan siswa dengan siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Gaya kepemimpinan yang digunakan oleh kepala Madrasah Ibtidaiyah Aswaja dalam menangani konflik antara kepala madrasah dengan guru menggunakan gaya kepemimpinan demokratis dengan strategi penyelesaian konflik kolaborasi/pemecahan masalah. 2) Gaya kepemimpinan yang digunakan oleh kepala Madrasah Ibtidaiyah Aswaja dalam menangani konflik antara guru dengan guru menggunakan gaya kepemimpinan demokratis dengan strategi penyelesaian konflik negosiasi/kompromi. 3) Gaya kepemimpinan yang digunakan oleh kepala Madrasah Ibtidaiyah Aswaja dalam menangani konflik antara siswa dengan siswa menggunakan gaya kepemimpinan demokratis dengan strategi penyelesaian konflik kolaborasi/pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Virly Ayunnisa'
Date Deposited: 12 Jun 2023 05:19
Last Modified: 12 Jun 2023 05:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24079

Actions (login required)

View Item View Item