MANAJEMEN SUMBER DAYA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MA’HAD ALY DARUSSALAM BLOKAGUNG KARANGDORO TEGALSARI BANYUWANGI

Baydarus Himami, Moh.Himami Baydarus (2023) MANAJEMEN SUMBER DAYA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MA’HAD ALY DARUSSALAM BLOKAGUNG KARANGDORO TEGALSARI BANYUWANGI. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
tesis keseluruhan.pdf

Download (4MB)

Abstract

Mohammad Himami Baydarus. 2023. Manajemen Sumber Daya Pendidik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Ma’had Aly Darussalam Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Sofyan Tsauri.M.M. Pembimbing II: Dr. H. Abd. Muhith, SA.g, M.Pd.I

Kata Kunci: Manajemen Sumber Daya Pendidik, Mutu Pendidikan

Sumber daya pendidik merupakan hal yang paling menentukan bagi lembaga pendidikan dalam menjalankan peranannya untuk melayani kepentingan Lembaga nya. sedangkan Keberhasilan Lembaga Pendidikan untuk mendapatkan sumber daya Pendidik yang berkualitas tidak lepas dari upaya pihak Lembaga Tersebut untuk mengadakan rekrutmen dan Seleksi yang baik. Di mana melalui proses rekrutmen dan seleksi ini dapat menghasilkan satu kelompok pelamar yang memenuhi syarat untuk bekerja di lembaga pendidikan tersebut.
Fokus Penelitian: 1).Bagaimana perencanaan sumber daya Pendidik Ma’had Aly Aly Darussalam Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi? 2). Bagaimana rekrutmen dan seleksi sumber daya Pendidik di Ma’had Aly Aly Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi? 3). Bagaimana pelatihan dan pengembangan sumber daya Pendidik di Ma’had Aly Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi?
Tujuan Penelitian: 1). Untuk menganalisis perencanaan sumberdaya Pendidik di Ma’had Aly Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi. 2). Untuk menganalisis rekrutmen dan seleksi sumberdaya Pendidik di Ma’had Aly Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi . 3). Untuk menganalisis pelatihan dan pengembangan sumberdaya Pendidik di Ma’had Aly Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi.
Metode Penelitian menggunakan pendekatan Kualitatif Jenis Study Kasus, Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara,Observasi dan Dokumentasi, Penentuan Subyek menggunakan Purposive, Sumber Data berupa Informan, Kegiatan dan Dokumen, Analisis data Menggunakan Kondensasi data (Data Condentation),Pemaparan Data (Data Display),penarikan dan Verivikasi Kesimpulan (Drawing and Verifying Conclution), Uji Keabsahan data dengan Mengguanakan Triangulasi Sumber, Triangulasi Teknik dan Penggecekan anggota (Member Check).
Hasil Penelitian: 1) Perencanaan Sumber Daya Pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan di Ma’had Aly Darussalam Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi dilakukan dengan:Analisis ketersediaan, Kebutuhan dan Kompetensi serta Strategi Rekrutmen dan seleksi SDM, 2).Rekrutmen dan Seleksi tenaga Pendidik (dosen) dalam Meningkatkan Mutu pendidikan di Ma’had Aly Darussalam Blokagung dilakukan dengan cara:Membuat Pengumunan rekrumen dan seleksi SDM dengan kriteria yang dibutuhkan, Mengadakan Tes , Menyampaikan hasil satau melaporkan kepada kyai untuk mendapatkan persetujuan dan petunjuk istikhoroh, 3) Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Pendidik di Ma’had Aly Darussalam dilakukan Sebagai Berikut:Pelatihan dan Pengembangan Studi lanjut, Workshop dan Bahtsul Masail Masyayikh

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Himami Moh.Himami Baydarus Baydarus Himami
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:07
Last Modified: 09 Jun 2023 02:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24089

Actions (login required)

View Item View Item