PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X MIPA DI SMA AL-FALAH SILO JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Hasan, Nur and Khofiyah, Khofiyah and Wildan, Ahmad and Bastian, Al Hadit (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X MIPA DI SMA AL-FALAH SILO JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Ahmad Wildan watermak.pdf

Download (4MB)

Abstract

Guru memiliki kewajiban untuk menciptakan suasana belajar dan pembelajaran yang mendukung dan efektif supaya siswa dapat belajar dengan baik. Salah satu faktor yang mendukung tercapainya suatu pembelajaran adalah penggunaan model pembelajaran yang memacu siswa untuk belajar secara aktif. Untuk itu, model pembelajaran discovery learning berbasis reward and punishment menjadi alternativ yang tepat untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan motivasi belajar siswa setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis reward and punishment pada materi virus kelas X di SMA Al-Falah Silo Jember tahun pelajaran 2022/2023. 2) mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis reward and punishment pada materi virus kelas X di SMA Al-Falah Silo Jember tahun pelajaran 2022/2023. 3) mengetahui adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning berbasis reward and punishment terhadap motivasi belajar siswa pada materi virus kelas X di SMA Al-Falah Silo Jember tahun pelajaran 2022/2023. 4) mengetahui adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning berbasis reward and punishment terhadap hasil belajar siswa pada materi virus kelas X di SMA Al-Falah Silo Jember tahun pelajaran 2022/2023.
Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif jenis quasi experimental design tipe nonequivalent group post-test only design. Populasi penelitian berjumlah 64 siswa kelas X SMA Al-Falah Silo Jember dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga didapatkan sampel kelas X MIPA 2 dengan jumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 1 berjumlah 21 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan kusioner, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Mann-Whitney.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Skor rata-rata motivasi belajar siswa setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis reward and punishment, kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas control dengan skor 61 sedangkan kelas kontrol ialah 52. 2) Skor rata-rata hasil belajar siswa setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis reward and punishmen kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dengan skor 78, sedangkan kelas kontrol 48. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning berbasis reward and punishment terhadap motivasi belajar siswa dengan signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 pada materi virus kelas X SMA Al-Falah Silo Jember tahun pelajaran 2022/2023. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning berbasis reward and punishment terhadap hasil belajar siswa dengan signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 pada materi virus kelas X SMA Al-Falah Silo Jember tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0605 Microbiology > 060506 Virology
Depositing User: Ahmad Wildan Nurhasan
Date Deposited: 09 Jun 2023 09:01
Last Modified: 09 Jun 2023 09:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24102

Actions (login required)

View Item View Item