Pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kerja sama siswa pada materi keanekaragaman hayati kelas X IPS di MAN 1 Situbondo tahun pelajaran 2022/2023.

Aisyah, Siti (2023) Pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kerja sama siswa pada materi keanekaragaman hayati kelas X IPS di MAN 1 Situbondo tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Aisyah_T20188039.pdf

Download (8MB)

Abstract

Siti Aisyah, 2022 : Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kerja Sama Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X IPS di MAN 1 Situbondo pada Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci : group investigation (GI); jelajah alam sekitar (JAS); kemampuan berpikir kritis; kerja sama

Keanekaragaman hayati merupakan materi pelajaran biologi yang mempelajari keanekaragaman flora dan fauna yang cakupan belajarnya sangat luas dan membutuhkan pemahaman yang nyata. Oleh karena itu diperlukan inovasi dalam model pembelajaran, salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigaton (GI) dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS), hal ini dikarenakan model pembelajaran Group Investigaton (GI) dalam proses belajar dilakukan secara berkelompok dan siswa dibimbing untuk mengatasi masalah dengan mencari solusi sendiri kemudian pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) merupakan pendekatan dengan pengamatan langsung di lingkungan sekolah dan menghasilkan pemahaman yang lebih nyata dalam memahami materi.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS); 2) Mendeskripsikan kerja sama siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS); 3) Mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada materi Keanekaragaman Hayati terhadap kemampuan berpikir kritis siswa; 4) Mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada materi Keanekaragaman Hayati terhadap kerja sama siswa.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, desain Quasi Eksperimental dengan bentuk penelitian Nonequivalent Group Posttest Only Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 Siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Sampel yang terpilih terdapat dua kelas yaitu kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen diperoleh rata-rata 40,95 dengan standar deviasi sebesar 3,73 dan kelas kontrol memiliki rata-rata sebesar 37,70 dengan standar deviasi sebesar 4,51; 2) Kerja sama siswa kelas eksperimen diperoleh rata-rata 97,65 dengan standar deviasi 10,51 dan kelas kontrol diperoleh rata-rata 91,40 dengan standar deviasi 8,13; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai t_hitung 2,483 > t_tabel 2,024 dan nilai signifikan sebesar 0,018; 4) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap kerja sama siswa dengan nilai t_hitung 2,104 > t_tabel 2,024 dan nilai signifikan sebesar 0,042.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Siti Aisyah
Date Deposited: 15 Jun 2023 09:34
Last Modified: 15 Jun 2023 09:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24119

Actions (login required)

View Item View Item