Pengembangan media komik cerita untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi di Madrasah Ibthidaiyah Baitul Ridlo Umbulsari Jember

Romadhoni, Lutfia (2023) Pengembangan media komik cerita untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi di Madrasah Ibthidaiyah Baitul Ridlo Umbulsari Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lutfia Romadhoni_T20194137.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Lutfia Romadhoni, 2023. “PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DI MADRASAH IBTHIDAIYAH BAITUL RIDLO UMBULSARI JEMBER”.
Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya pemanfaatan penggunaan media pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran tematik, seperti yang kita ketahui bahwa pelajaran tematik merupakan salah satu pelajaran yang penting bagi siswa dan menjadi pembelajaran pokok, sehingga perlu adanya inovasi dan kreativitas sebagai guru kelas dalam proses pembelajaran, agar materi yg diajarkan dapat tersampaikan dengan baik terhadap siswa. Dalam hal ini penggunaan media pembelajaran dapat membantu guru dan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Ketepatan memilih media merupakan faktor utama dalam mengoptimalkan hasil pebelajaran. Dengan adanya bantuan media komik cerita bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi di MI Baitul Ridlo Umbulsari.
Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Bagaimana pengembangan media komik cerita untuk meningkatkan hasil keterampilan siswa dalam menulis narasi di MI Baitul Ridlo Umbulsari 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media komik cerita untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi di MI Baitul Ridlo Umbulsari 3) Bagaimana efektifitas pengembangan media komik cerita dalam meningkatkan keterampilan menulis di MI Baitul Ridlo Umbulsari.
Penelitian ini menggunakan metode R&D dalam pengumpulan data.. Metode penelitian Research and Development (R&D) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yakni observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini disesuaikan dengan rumusan masalah sebagai berikut : 1) Kecerdasan linguistik siswa sekolah dasar bisa dilihat dari analisis kebutuhannya dan pengembangan produk sehingga terciptalah sebuah produk yang meningkatkan kecerdasan linguistik siswa dalam menulis narasi pendek. 2) Hasil validasi pertama dengan persentase 92% dan validasi kedua dengan persentase 100%. Hasil validasi ini mengalami hanya satu kali revisi kepada ahli sehingga mendapatkan hasil akhir yang baik. Mengalami peningkatan 8%, didalam validasi tersebut terdapat uji keefektifan suatu media komik cerita. 3) Hasil kegiatan pre-test sebesar 61 dan hasil presentase angket 65%. Sedangkan pada kegiatan post-test sebesar 83,5 terjadi peningkatan sebesar 22,5 untuk hasil nilai presentase angket yang mulanya 65% ke 87,25% meningkat sebesar 22,5%. Bisa disimpulkan media pembelajaran komik cerita dapat meningkatkan kecerdasan linguistik menulis narasi kelas II di MI Baitul Ridlo Umbulsari Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Lutfia Romadhoni
Date Deposited: 12 Jun 2023 06:54
Last Modified: 12 Jun 2023 06:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24125

Actions (login required)

View Item View Item