Pengembangan Media Pembelajaran Aaudiovisual Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Di MI Nurul Yakin Paiton Probolinggo.

Sahratul, Jannah (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Aaudiovisual Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Di MI Nurul Yakin Paiton Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sahratul Jannah T20194123.pdf

Download (10MB)

Abstract

Sahratul Jannah, 2023: Pengembangan Media Pembelajaran Aaudiovisual Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Di MI Nurul Yakin Paiton Probolinggo.

Kata Kunci: Media pembelajaran audiovisual berbasis video animasi, hasil belajar siswa, pembelajaran tematik.
Media pembelajaran sangat penting dalam mendukung proses belajar dikelas. Media merupakan alat bantu guru dan siswa dalam menyampaikan materi pembelajaran dikelas. Berdasarkan observasi dan Wawancara dengan guru kelas IV MI Nurul Yakin Paiton Probolinggo guru tidak memaksimalkan penggunaan media pembelajaran, guru hanya termotivasi dari media yang direkomendasikan oleh buku guru, sehingga pada siswa dan siswi nilainya kurang dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum).
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) menghasilkan produk berupa media pembelajaran audiovisual berbasis video animasi pada pembelajaran tematik kelas IV MI Nurul Yakin Paiton Probolinggo. 2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran audiovisual berbasis video animasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV di MI Nurul Yakin Paiton Probolinggo.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian Reseach and Development dan menggunakan Model pengembangan ADDIE yang mempunyai lima tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). subjek validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan tanggapan guru. Untuk uji kelayakan yaitu menggunakan angket respon siswa dan uji hasil pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket, lembar validasi, dan soal pretest dan posttest.
Hasil penelitian dan pengembangan ini dapat disimpulkan: 1)Pengembangan media pembelajaran audiovisual berbasis video animasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV di MI Nurul Yakin Paiton Probolinggo menggunakan metode pengembangan Reseach & Development dan menggunakan model pengembangan ADDIE yang memperoleh data hasil analisis kebutuhan siswa 93,71%, analisis tugas memperoleh 67% siswa belum mencapai KKM sehingga peneliti perlu mengembangkan media pembelajaran audiovisual berbasis video animasi 2) Hasil analisis kelayakan oleh validator ahli media memperoleh rata-rata presentase 92.65%, validator ahli materi memperoleh 96.25%, validator guru kelas memperoleh 97,50% dinyatakan Sangat layak, dan video animasi ini terbukti efektif dan sangat membantu siswa dalam memahami materi yang telah dipelajari yaitu dilihat dari presentase ketuntasan hasil Postest siswa memperoleh 95.00% yang mana dari data tersebut dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa memperoleh rata-rata nilai yang Tuntas dan mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Sahratul Jannah
Date Deposited: 12 Jun 2023 06:57
Last Modified: 12 Jun 2023 06:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24127

Actions (login required)

View Item View Item