Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning Pada Program Boarding School Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember

Puji Rahayu, Laili (2023) Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning Pada Program Boarding School Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Laili Puji Rahayu_T20183057.pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Laili Puji Rahayu, 2023 : Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning Pada Program Boarding School di MAN 1 Jember

Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning, Boarding School.

Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning merupakan usaha-usaha untuk mengembangkan pembelajaran kitab kuning yang ada di suatu lembaga atau boarding school yaitu, mengatur, mengurus dan mengelola pembelajaran yang ada dengan menggunakan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan tertentu.
Fokus penelitian ini yaitu: pertama, Bagaimana manajemen pembelajaran kitab kuning di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember?; kedua, Bagaimana manajemen Boarding School di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember?; Tujuan dari penelitian ini adalah pertama; mendeskripsikan manajemen pembelajaran kitab kuning di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Kedua, mendeskripsikan manajemen boarding school di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian naratif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, subyek penelitian ini menggunakan teknik purposive, dan analisis data dari tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan perpanjangan pengamatan .
Hasil penelitian: Manajemen pembelajaran kitab kuning pada program boarding school meliputi 3 langkah: satu, Perencanaan yang dilakukan dengan membuat jadwal dan menyiapkan materi. Dua, pelaksanaan pembelajaran kitab kuning dengan metode bandongan dan hafalan proses pembelajaran meliputi Pembinaan, keteladanan, pembinaan, pemberian hukuman. Tiga, evaluasi dilaksanakan satu semester sekali dan berupa hasil raport. Manajemen program Boarding School meliputi 3 langkah : satu, Perencanaan yang dilakukan dengan rapat yang dilakukan pengelola Asrama membahas sumber daya yang dibutuhkan. dua pelaksanaan Boarding School yaitu melaksanakan kegiatan sesuai jadwal. tiga evaluasi yang dilakukan satu bulan sekali berupa penilaian langsung yang dilakukan pembina Boarding School.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 07 AGRICULTURAL AND VETERINARY SCIENCES > 0701 Agriculture, Land and Farm Management > 070101 Agricultural Land Management
07 AGRICULTURAL AND VETERINARY SCIENCES > 0701 Agriculture, Land and Farm Management > 070106 Farm Management, Rural Management and Agribusiness
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies > 080701 Aboriginal and Torres Strait Islander Knowledge Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Perputakaan Uinkhasjember
Date Deposited: 13 Jun 2023 06:54
Last Modified: 13 Jun 2023 06:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24129

Actions (login required)

View Item View Item