PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENANGGULANGI STUNTING DESA BALUNG KULON KECAMATAN BALUNG KABUPATEN JEMBER

Rahmattulloh, Dandy (2023) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENANGGULANGI STUNTING DESA BALUNG KULON KECAMATAN BALUNG KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
BIsmillah Revisi FIx Skripsi dandy PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENANGGULANGI STUNTING DESA BALUNG KULON KECAMATAN BALUNG KABUPATEN JEMBER REVISI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Dandy Rahmattulloh, 2023: Pemberdayaan Masyarakat Dalam Menanggulangi Stunting Desa Balung Kulon Kecamatan Balung Kabupaten Jember.
Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Penanggulangan Stunting.
Balita stunting merupakan masalah gizi kronik yang kompleks, kondisi ini disebabkan oleh banyak faktor antara lain kondisi sosial ekonomi, gizi ibu saat hamil, penyakit turunan pada bayi, dan kurangnya asupan gizi pada bayi. Upaya pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan melalui peranan Bidan Desa, Rumah Desa Sehat, Kader Pembangunan Manusia dan Posyandu dalam menanggulangi stunting.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Apa yang melatar belakangi terjadinya stunting desa Balung Kulon, 2) Apa dampak terjadinya stunting desa balung kulon, 3) Bagaimana upaya pemberdayaan masyarakat dalam menanggulangi stunting Desa Balung Kulon.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif (deskriptif) dan subyeknya yakni kepala desa, bidan desa, ketua rumah desa sehat, kader pembangunan manusia, keluarga yang masih terdampak stunting dan keluarga yang sembuh dari stunting. Penelitiannya menggunakan metode purposive melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian yang diperoleh penulis adalah: 1) Faktor terjadinya stunting desa Balung Kulon yakni a. Pola sadar gizi yang rendah sebelum dan setelah menikah, b. Pola pengasuhan dan pemenuhan gizi ideal kurang baik, c. Faktor keturunan 2) Dampak stunting yang masih terjadi di desa balung kulon yakni a. Pertumbuhan fisik kurang ideal b. Cepatnya upaya peranan pemberdayaan penanggulangan stunting, c. Semakin teliti dan semangat orang tua dalam pola pemenuhan gizi. 3) Upaya pemberdayaan masyarakat dalam menanggulangi stunting di desa balung kulon meliputi: a) tahap penyadaran yang dilakukan peranan desa balung kulon sadar tanggap mulai dari hulu seperti Bidan desa, Rumah desa sehat, Kader pembangunan manusia dan posyandu. b) tahap penguatan yang ada yaitu upaya yang diperkuat dengan adanya upaya peranan pemberdaya di didesa. c) tahap kemandirian yang ada bahwa masyarakat melakukan realisasi mampu mengenali, memahami, memecahkan solusi yang ada berupa kegiatan pemantauan, pemulihan dan inisiatif menyembuhkan maupun mengantisipasi terjadinya stunting. d) tahapan evaluasi yang ada memang benar adanya peranan desa yang sudah mengantisipasi stunting.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1111 Nutrition and Dietetics > 111104 Public Nutrition Intervention
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services > 111799 Public Health and Health Services not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: dandy rahmattulloh dandy rahhmattulloh
Date Deposited: 13 Jun 2023 06:59
Last Modified: 13 Jun 2023 06:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24133

Actions (login required)

View Item View Item