Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Di SMP Al-Ishaqi Tisnogambar Bangsalsari Jember

Faradisa, Nadiya (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Di SMP Al-Ishaqi Tisnogambar Bangsalsari Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NADIYA FARADISA_T20181341.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Nadiya Faradisa, 2023 : Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa di SMP Al-Ishaqi Tisnogambar Bangsalsari Jember
Kata Kunci : Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Peningkatan, Kecerdasan Spiritual
Spiritual Quotion kolektif dalam masyarakat modern adalah rendah. Kita berada dalam budaya yang secara kritis spiritual yang ditandai oleh materialisme, kekayaan, egoisme diri sempit, kehilangan makna dan komitmen. Oleh karena itu peningkatan kecerdasan spiritual harus selalu dilakukan terutama kepada siswa yang akan memegang kendali masa depan. SMP Al-Ishaqi merupakan salah satu lembaga yang berorientasi pada peningkatan kecerdasan spiritual. Dalam hal ini Guru pendidikan agama Islam memiliki peran yang sangat penting untuk mewujudkan peningkatan kecerdasan spiritual siswa.
Fokus penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMP Al-Ishaqi Tisnogambar Bangsalsari Jember? (2) Bagaimana langkah-langkah yang dilakukan guru Penddikan Agama Islam (PAI) dalam mengatasi hambatan-hambatan dalam upaya meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMP Al-Ishaqi Tisnogambar Bangsalsari Jember? Tujuannya yaitu Untuk mendeskripsikan Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan kecerdasan spiritual terhadap siswa SMP Al-Ishaqi Tisnogambar Bangsalsari Jember, Untuk mendeskripsikan langkah-langkah yang dilakukan guru Penddikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan kecerdsan spiritual siswa di SMP Al-Ishaqi Tisnogambar Bangsalsari Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif, adapun dengan jenis penelitian yang digunakan jenis penelitian deskriptif.. sedangkan tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang dilakukan adalah Reduksi data (data reduction), Penyajian data (data display), Penarikan kesimpulan (data concolusing darwing/verification). Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMP Al-Ishaqi Tisnogambar Bangsalsari Jember yaitu dengan memberikan motivasi, membimbing, memberikan keteladanan, nasehat, memberikan contoh berperilaku baik misalnya siswa dibiasakan untuk menghargai guru maupun sesama teman, selalu menggunakan kata-kata yang sopan ketika berbicara dan membiasakan siswa untuk melaksanakan kewajiban sebagai umat Islam. 2) Langkah-langkah yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengatasi hambatan-hambatan dalam upaya meningkatkan meningkatkan kecerdasan spiritual siswa melalui kegiatan pembiasaan yang terbagi menjadi dua, yang pertama pembiasaan terjadwal meliputi Membaca Al-Qur’an di masing-masing kelas, Do’a Sebelum dan sesudah pembelajaran, Bimbingan Membaca Al-Qur’an, Shalat Dzuhur Berjama’ah, Shalat Dhuha Berjama’ah, dan Infaq. Yang kedua yakni pembiasaan spontan meliputi Pemberian motivasi, kegiatan 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Nadiya Nadiya Nadiya
Date Deposited: 13 Jun 2023 01:27
Last Modified: 13 Jun 2023 01:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24149

Actions (login required)

View Item View Item