Penanaman Nilai-nilai Karakter Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Tradisional Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Ambulu Kabupaten Jember

Mareta, Dela (2023) Penanaman Nilai-nilai Karakter Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Tradisional Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Ambulu Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI DELA MARETA T20189050.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dela Mareta Anggraini. 2023. Penanaman Nilai-nilai Karakter Dalam Kegiatan
Ekstrakurikuler Seni Tari Tradisional di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2
Ambulu Kabupaten Jember.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Ekstrakurikuler, Seni Tari Tradisional
Penelitian ini adalah sebuah upaya untuk mengetahui nilai-nilai karakter
yang ditanamkan kepada peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari
tradisional di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ambulu Kabupaten Jember.
Penanaman pendidikan karakter dapat di integrasikan dalam dunia pendidikan.
Adapun cara untuk mengintegrasikan sebuah pendidikan karakter dalam dunia
pendidikan ada lima, salah satunya yaitu integrasi dalam kegiatan ektrakurikuler.
Mengintegrasikan pendidikan karakter dalam dunia pendidikan dapat menjadi
penguat karakter peserta didik dalam menyaring nilai budaya luar agar tidak
bertentangan dengan kepribadian bangsa.
Penelitian ini memiliki dua fokus penelitian yaitu (1) Bagaimana
pelaksanaan penanaman nilai karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari
tradisional di SMP Negeri 2 Ambulu? (2) Bagaimana bentuk nilai karakter yang
ditanamkan kepada siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari tradisional di
SMP Negeri 2 Ambulu?
Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian kualitatif
deskriptif. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Keabsahan data pada penelitian ini terdapat dua macam yaitu
triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah model Miles dan Huberman. Data yang diperoleh di
lapangan kemudian disusun dengan memilih serta menyederhanakan data.
Selanjutnya dilakukan sebuah penyajian data serta pembahasan temuan untuk
ditarik sebuah kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: kegiatan ekstrakurikuler seni
tari tradisional dilaksanakan dengan 3 tahapan yaitu kegiatan awal, dimana
kegiatan awal ini berisikan kegiatan membersihkan tempat latihan, menyiapkan
media, dan peserta diidk langsung membentuk sebuah barisan. Kegiatan
selanjutnya adalah kegiatan pelaksanaan, dimana kegiatan pelaksanaan ini
berisikan kegiatan berdoa, pemanasan, dan latihan seni tari tradisional. Kegiatan
terakhir adalah kegiatan refleksi, dimana kegiatan refleksi ini berisikan kegiatan
guru memberikan sebuah penguatan terhadap peserta didik dan ditutup dengan
berdoa bersama-sama. Adapun bentuk-bentuk nilai karakter yang ditanamkan
kepada peserta didik di SMP Negeri 2 Ambulu dalam pelaksanaan kegiatan
ektrakurikuler seni tari adalah karakter religius, toleransi, jujur, disiplin, kerja
keras, rasa ingin tahu, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, mandiri serta
tanggung jawab. Sedangkan bentuk karakter yang ditanamkan kepada peserta
didik melalui ragam gerak tari lundoyo adalah karakter religius yang terdapat
dalam gerakan duduk sembah, karakter toleransi yang terdapat dalam gerakan
menjulurkan kedua tangan kedepan, dan karakter kerja keras yang terdapat dalam
gerakan duduk jengkeng tangan bersilang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160104 Social and Cultural Anthropology
Depositing User: Unnamed user with email maretadela01@gmail.com
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:42
Last Modified: 13 Jun 2023 04:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24151

Actions (login required)

View Item View Item