Efektivitas Pembelajaran Terintegrasi Islamic-Science Environment Technology Society (I- SETS) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA Di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Ize, Ulfa (2023) Efektivitas Pembelajaran Terintegrasi Islamic-Science Environment Technology Society (I- SETS) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA Di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
ULFA IZE_T20198088.pdf

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK
Ulfa Ize, 2023: Efektivitas Pembelajaran Terintegrasi Islamic-Science Environment Technology Society (I-SETS) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI MIPA di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023
Kata kunci: Pembelajaran Terintegrasi I-SETS, hasil belajar kognitif
Biologi merupakan mata pelajaran sains yang memiliki konsep yang sulit dan abstrak. Konsep yang terkandung pada materi biologi harus dipahami oleh siswa karena akan menjadi dasar sebagai pemahaman materi biologi selanjutnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran biologi menekankan siswa untuk memahami suatu konsep serta kearifan, sehingga memberikan dampak hasil yang memuaskan bukan hanya sekedar menghafal, namun mampu mengaitkan dalam kehidupan, baik lingkungan dan agama yang tidak dapat dilepas dalam kehidupan sehari-hari, serta siswa memahami materi secara utuh dengan output yang diharapkan oleh guru. Hal tersebut disebabkan karena strategi pendekatan pembelajaran kurangnya pembaharuan, sehingga pengaplikasian dalam kehidupan tidak maksimal.
Tujuan penelitian ini untuk 1) Mendeskripsikan hasil belajar kognitif siswa (Pretest-Posttest) kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dimplementasikannya pembelajaran terintegrasi Islamic-Science Environment Technology Society (I-SETS). 2) Mendeskripsikan efektivitas pembelajaran terintegrasi Islamic-Science Environment Technology Society (I-SETS). 3) Mengetahui pengaruh yang signifikan pembelajaran terintegrasi Islamic-Science Environment Technology Society (I-SETS) terhadap hasil belajar pada materi sistem reproduksi manusia.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Esperimental Design dengan model Nonequivalent Pretest-Postest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Sampling Purposive salah satu teknik dengan pertimbangan nilai ulangan harian dari kedua sampel yang relatif sama. Adapun kelas yang diambil sebagai sampel penelitian yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dengan menerapkan metode ceramah.
Hasil penelitian menunjukan bahawa 1) Nilai hasil rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 51,46, adapun posttest sebesar 84,97, sedangkan pada kelas kontrol pretest sebesar nilai 52,97, posttest sebesar 79,81. 2) Hasil perhitungan N-gain menunjukkan bahwa kelas kontrol sebesar 0,5313 dengan kriteria sedang dan nilai N-gain skor kelas eksperimen sebesar 0,7022 dengan kriteria tinggi. Hasil N-gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Sehingga dapat dinyatakan bahwa pembelajaran terintegrasi Islamic-Science Environment Technology Society (I-SETS) efektif dengan iterpretasi tinggi. Sedangkan pada hasil perhitungan uji Z menunjukkan hasil 0,000<0,05 sehingga dapat di simpulkan bahwa Ha diterima dengan adanya perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan I-SETS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060603 Animal Physiology - Systems
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mrs ULFA IZE
Date Deposited: 14 Jun 2023 04:39
Last Modified: 14 Jun 2023 04:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24158

Actions (login required)

View Item View Item