IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS IX MTsN 7 JEMBER TAHUN AJARAN 2021/2022

Rahmatyaning, Nindhy (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS IX MTsN 7 JEMBER TAHUN AJARAN 2021/2022. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NINDHY R. WARDHANI_T20181238.pdf
Restricted to Registered users only until 13 June 2025.

Download (5MB)

Abstract

Nindhy Rahmatyaning Wardhani, 2023: Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas IX Di MTsN 7 Jember Tahun Ajaran 2021/2022.
Kata Kunci : Model pembelajaran problem based learning, keaktifan belajar, mata pelajaran aqidah akhlak.
Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia, dengan adanya pendidikan diharapkan dapat membentuk manusia yang berkualitas, bertanggung jawab, bermanfaat bagi kehidupannya serta bangsa dan negara. Untuk mencapai tujuan pembelajaran dibutuhkan suatu model pembelajaran yang menarik, salah satu model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas IX di MTsN 7 Jember. Sehingga yang awal mulanya peserta didik tidak aktif menjadi aktif setelah diterapkannya model pembelajaran problem based learning.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik mata pelajaran aqidah akhlak kelas IX MTsN 7 Jember tahun ajaran 2021/2022 ?. 2) bagaimana implementasi model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik mata pelajaran aqidah akhlak kelas IX MTsN 7 Jember tahun ajaran 2021/2022 ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam skripsi ini melalui beberapa tahap yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan member cek.
Hasil dari penelitian ini adalah : (1) perencanaan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik mata pelajaran aqidah akhlak kelas IX MTsN 7 Jember yaitu penyusunan RPP, Silabus, LKS, media yang akan digunakan, pengkondisian kelas, dan guru sebagai fasilitator yang menyiapkan kebutuhan sarana dan prasarana. (2) implementasi model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik mata pelajaran aqidah akhlak kelas IX MTsN 7 Jember yaitu terdiri dari 5 tahapan yaitu orientasi peserta didik pada masalah, mengorganisasi peserta didik, membimbing penyelidikan individu atau kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil dan menganalisis dan mengevaluasi proses serta pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nindhy Rahmatyaning
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:20
Last Modified: 13 Jun 2023 07:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24159

Actions (login required)

View Item View Item