Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Budaya Religius di SMP Tri Bhakti Tegaldlimo Banyuwangi

Jabar, M. Zidni Abdul (2023) Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Budaya Religius di SMP Tri Bhakti Tegaldlimo Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI M. Zidni Abdul Jabar T20191455.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kepedulian lembaga sekolah swasta unggul SMP Tri Bhakti Tegaldlimo terhadap pembentukan karakter religius peserta didik melalui penanaman nilai Ilahiyah dan nilai Insaniyah dengan menerapkan budaya religius di sekolah. Adapun budaya religius yang diterapkan sekolah meliputi budaya berjabat tangan, salat berjamaah yang meliputi salat dhuha berjamaah dan salat dzuhur berjamaah, budaya ngaji al-Qur’an, dan jum’at amal. Budaya religius ini dimaksudkan dapat membentuk karakter religius peserta didik dan membekali mereka agar dapat menangkal penyimpangan-penyimpangan dan prilaku negatif yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagimana pembantukan karakter religius peserta didik melalui penanaman nilai Ilahiyah dalam budaya religius di SMP Tri Bhakti Tegaldlimo Banyuwangi? 2) Bagimana pembantukan karakter religius peserta didik melalui penanaman nilai Insaniyah dalam budaya religius di SMP Tri Bhakti Tegaldlimo Banyuwangi? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan pembantukan karakter religius peserta didik melalui penanaman nilai Ilahiyah dalam budaya religius di SMP Tri Bhakti Tegaldlimo Banyuwangi. 2) Untuk mendiskripsikan pembantukan karakter religius peserta didik melalui penanaman nilai Insaniyah dalam budaya religius di SMP Tri Bhakti Tegaldlimo Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunkan model Miles, Huberman dan Saldana yaitu adanya proses kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data digunakan triangulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa 1) pembentukan karakter religius peserta didik melalui penanaman nilai Ilahiyah dalam budaya religius diterapkan pada budaya salat berjamaah dan ngaji Al-Qur’an. Penerapan budaya salat berjamaah dan ngaji Al-Qur’an dalam membentuk karakter religius peserta didik adalah menjadikan mereka lebih sabar, lebih bertaqwa dan beriman kepada Allah SWT serta menjadikan peserta didik lebih religius dengan mencintai Al-Qur’an sebagai kalamullah. 2) pembentukan karakter religius peserta didik melalui penanaman nilai Insaniyah dalam budaya religius diterapkan pada budaya berjabat tangan dan jum’at amal. Dengan dua budaya ini dapat menjadikan peserta didik yang religius ditunjukan dengan perilaku mereka yang sopan dan santun, ramah, serta tolerensi dengan saling menghormati antar sesama, menghormati perbedaaan serta dapat menanamkan karakter peduli sesama dan ikhlas.
Kata kunci: Karakter Religius, Budaya religius.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zidni Jabar
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:32
Last Modified: 13 Jun 2023 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24165

Actions (login required)

View Item View Item