Pola asuh orang tua yang memiliki anak tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Jember (SLB) dalam menumbuhkan kemandirian

Setyoningrum, Rindu Asa Desy (2023) Pola asuh orang tua yang memiliki anak tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Jember (SLB) dalam menumbuhkan kemandirian. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RINDU ASA DESY SETYONINGRUM_D20193102.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rindu Asa Desy Setyoningrum, 2023: Pola Asuh Orang Tua Yang Memiliki Anak Tunanetra Di SLB Negeri Jember Dalam Menumbuhkan Kemandirian.
Kata Kunci: Pola asuh orang tua; kemandirian; anak tunanetra.
Pola asuh orang tua adalah cara yang ditempuh orang tua dalam mendidik anak dengan aturan yang ditetapkannya secara konsisten yang bisa membentuk kebiasaan anak dalam bersikap, mengambil keputusan ketika menjalani kehidupan sehari-harinya. Pola asuh yang diberikan akan sangat berpengaruh terhadap kemandirian anak tunanetra. Seperti kemandirian merawat diri yang diperlukan bagi setiap orang. Tunanetra perlu diajarkan kemandirian agar mereka tidak bergantung kepada orang lain.
Fokus masalah yang diteliti pada skripsi ini yakni 1) Bagaimana pola asuh orang tua yang memiliki anak tunanetra di SLB Negeri Jember dalam menumbuhkan kemandirian? 2) Apa saja hambatan dan dukungan pola asuh orang tua yang memiliki anak tunanetra di SLB Negeri Jember dalam menumbuhkan kemandirian?
Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mendiskripsikan pola asuh orang tua yang memiliki anak tunanetra di SLB Negeri Jember dalam menumbuhkan kemandirian. 2) Mengetahui faktor penghambat dan pendukung pola asuh orang tua yang memiliki anak tunanetra di SLB Negeri Jember dalam menumbuhkan kemandirian.
Pengidentifikasian permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yang mendiskripsikan pola asuh orang tua yang memiliki anak tunanetra di SLB Negeri Jember dalam menumbuhkan kemandirian. Subjek penelitian ditentukan menggunakan Teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan model Miles and Humberman dengan langkah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Pola asuh orang tua yang memiliki anak di SLB Negeri Jember dalam menumbuhkan kemandirian terdapat 2 pola asuh, yaitu pola asuh demokratis dan pola asuh permisif; 2) Hambatan pola asuh orang tua yang memiliki anak tunanetra di SLB Negeri Jember dalam menumbuhkan kemandirian yaitu: keterbatasan anak dalam melihat, fisik yang lemah, pengajaran yang jarang diberikan oleh orang tua, pengetahuan orang tua yang kurang dalam pembelajaran, kemauan anak yang kurang dan mudah menyerah, kepercayaan diri anak yang rendah, keluarga yang tidak utuh. Selain itu, dukungan pola asuh orang tua yang memiliki anak tunanetra di SLB Negeri Jember dalam menumbuhkan kemandirian diantaranya: orang tua berharap agar anak mandiri, harapan orang tua pada kondisi ekonomi agar bisa membaik, serta harapan orang tua pada anak agar menjadi orang yang berhasil dalam kesuksesan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rindu Asa Desy Setyoningrum
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:36
Last Modified: 13 Jun 2023 07:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24167

Actions (login required)

View Item View Item