Upaya Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan Dan Anak (UPTD PPA) Kabupaten Jember Dalam Memberikan Pendampingan Terhadap Anak Korban Kekerasan Seksual

Hakimatul Azizah, Ainun Umi (2023) Upaya Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan Dan Anak (UPTD PPA) Kabupaten Jember Dalam Memberikan Pendampingan Terhadap Anak Korban Kekerasan Seksual. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hakimatul Azizah Ainun Umi_D20193047.pdf

Download (59MB)

Abstract

Kekerasan seksual pada anak merupakan sebuah tindakan pidana yang ditujukan kepada anak sebagai korban serta memiliki pengaruh besar pada diri anak, seperti pada fisik, psikologis dan sosial anak. Kasus kekerasan seksual ini sangat meresahkan masyarakat dan harus segera ditangani, baik oleh pihak berwajib maupun lembaga perlindungan anak seperti Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA).
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah untuk mengetahui lebih mendalam tentang upaya UPTD PPA Kabupaten Jember dalam memberikan pendampingan kepada anak korban kekerasan seksual, hasil atau dampak dari pendampingan yang diberikan serta faktor pendukung dan penghambat yang dialami UPTD PPA dalam memberikan pendampingan.
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang proses pendampingan yang diberikan oleh UPTD PPA Kabupaten Jember terhadap anak korban kekerasan seksual, hasil dari pendampingan yang diberikan serta faktor-faktor pendukung dan penghambat UPTD PPA Kabupaten Jember dalam menangani kasus anak korban kekerasan seksual.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa proses pendampingan yang diberikan oleh UPTD PPA Kabupaten Jember dalam menangani kekerasan seksual salah satunya kasus NA melalui 6 tahapan. Kemudian UPTD PPA Kabupaten Jember juga memberikan layanan bimbingan dengan media boneka kepada korban dan bimbingan kelompok kepada orang tua korban, bimbingan dianggap berhasil oleh tim pendamping UPTD PPA dan orang tua korban karena saat ini korban kembali ceria dan tidak merasa takut. Hal itu juga didukung oleh adanya keterbukaan korban, dukungan keluarga, tim pendamping bisa menjaga kode etik, privasi korban dan amanah sehingga membuat korban merasa aman serta nyaman. Kata kunci : UPTD PPA Kabupaten Jember; Pendampingan; Kekerasan Seksual pada Anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Hakimatul Azizah Ainun Umi
Date Deposited: 14 Jun 2023 06:57
Last Modified: 14 Jun 2023 06:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24175

Actions (login required)

View Item View Item