Teknik Self Management Dalam Kepercayaan Diri Anak Broken Home Di Madrasah Aliyah Walisongo Gending Kabupaten Probolinggo

Ali, M. Fahril (2023) Teknik Self Management Dalam Kepercayaan Diri Anak Broken Home Di Madrasah Aliyah Walisongo Gending Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Fahril Ali_D20193014.pdf

Download (1MB)

Abstract

M Fahril Ali, 2023: Teknik Self Management Dalam Kepercayaan Diri Anak
Broken Home di Madrasah Aliyah Walisongo Gending Kabupaten
Probolinggo
Kata Kunci: Teknik self management, kepercayaan diri, broken home.
Teknik self management merupakan suatu proses dimana seorang konseli
mengatur dirinya sendiri menggunakan strategi. Self Management adalah prosedur
pengaturan perilaku oleh individu sendiri. Teknik ini biasa digunakan oleh guru
Bimbingan Konseling (BK) di Madrasah Aliyah Walisongo Gending dalam
menangani siswanya salah satunya kepada anak broken home, adapun dampak
dari broken home pada pendidikannya yaitu anak tersebut tidak percaya diri
kepada dirinya sendiri dan mampu mengutarakan pendapatnya.
Fokus Penelitian ini di bagi menjadi dua yaitu: 1. Bagaimana teknik Self
Management dalam kepercayaan diri anak Broken Home di Madrasah Aliyah
Walisongo Gending Kabupaten Probolinggo. 2. Apa faktor pendukung dan
penghambat tenik Self Management dalam kepercayaan diri anak Broken home di
Madrasah Aliyah Walisongo Gending Kabupaten Probolinggo.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui tahapan-tahapan teknik Self
Management dalam kepercayaan diri anak Broken Home di Madrasah Aliyah
Walisongo Gending Kabupaten Probolinggo. 2) Mengetahui faktor pendukung
dan penghambat teknik self management dalam kepercayaan diri anak broken
home di Madrasah Aliyah Walisongo Gending Kabupaten Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenisnya yaitu studi
kasus. Penelitian ini berada di Madrasah Aliyah Walisongo Gending Kabupaten
Probolinggo. Teknik pengmpulan data melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, sajian
data, penarikan kesimpulan.
Hasil dalam penelitian ini yakni : 1) Tahapan-tahapan teknik self
management dalam kepercayaan diri anak broken home dilaksanakan dengan baik
menggunakan 4 tahapan yaitu pemantauan diri,respon yang positif, perjanjian
dengan diri sendiri dan mempertahankan perilaku yang diinginkan. 2) Faktor
pendukung dan penghambat dalam teknik self management dalam kepercayaan
diri yakni pada guru yang selalu memantau dan memberi perhatian lebih kepada
siswa yang mengalami broken home dan faktor penghambatnya yakni pada
motivasi internal siswa yang sangat susah untuk diarahkan oleh guru Bimbingan
Konseling (BK).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170101 Biological Psychology (Neuropsychology, Psychopharmacology, Physiological Psychology)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: M. Fahril Ali
Date Deposited: 14 Jun 2023 06:59
Last Modified: 14 Jun 2023 06:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24180

Actions (login required)

View Item View Item