Pengembangan Buku Cerita Bergambar Interaktif tentang Sifat-Sifat Benda Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Raisul Anwar Kabupaten Probolinggo

Almastalun Nisya', Adinda (2023) Pengembangan Buku Cerita Bergambar Interaktif tentang Sifat-Sifat Benda Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Raisul Anwar Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Adinda Almastalun Nisya'_T20194018.pdf

Download (10MB)

Abstract

Adinda Almastalun Nisya’, 2023: Pengembangan Buku Cerita Bergambar
Interaktif tentang Sifat-Sifat Benda Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Raisul Anwar
Kabupaten Probolinggo.
Kata kunci: Buku Cerita Bergambar Interaktif, Sifat-Sifat Benda
Bahan ajar sangatlah penting digunakan pada saat pembelajaran, kegiatan
belajar mengajar di kelas bergantung pada buku yang digunakan. Salah satu bahan
ajar yang cocok digunakan oleh anak sekolah dasar adalah buku cerita bergambar
interaktif, merupakan buku yang dibuat dengan memadukan cerita, gambar yang
dikemas dengan halaman sampul yang menarik, dan dapat memberikan interaksi
kepada pembaca buku. Penggunaan bahan ajar di Madrasah Ibtidiyah Raisul Anwar
terbatas, bahan ajar yang digunakan guru berupa buku LKS, sehingga membuat
sebagian peserta didik sering merasa bosan pada saat pembelajaran. Untuk
mengatasi permasalahan tersebut maka, perlu adanya pengembangan bahan ajar
berupa buku cerita bergambar interaktif yang dapat membantu guru dalam
menyampaikan materi pelajaran dan sebagai sumber belajar peserta didik.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Pengembangan
Buku Cerita Bergambar Interaktif tentang Sifat-Sifat Benda Kelas V di Madrasah
Ibtidaiyah Raisul Anwar Kabupaten Probolinggo? 2) Bagaimana Kelayakan
Pengembangan Buku Cerita Bergambar Interaktif tentang Sifat-Sifat Benda Kelas
V di Madrasah Ibtidaiyah Raisul Anwar Kabupaten Probolinggo?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menghasilkan Produk Berupa Buku Cerita
Bergambar Interaktif tentang Sifat-Sifat Benda Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah
Raisul Anwar Kabupaten Probolinggo. 2) Mengetahui Kelayakan Buku Cerita
Bergambar Interaktif tentang Sifat-Sifat Benda Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah
Raisul Anwar Kabupaten Probolinggo.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model
penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, and Evaluation) oleh Robert Maribe Branch. Penelitian
pengembangan ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Raisul Anwar. Instrumen
pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, angket, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian pengembangan buku cerita bergambar interaktif tentang
sifat-sifat benda memperoleh kesimpulan: 1) Hasil validasi ahli materi didapatkan
96,6% dan hasil validasi ahli media didapatkan 94,4%. 2) Hasil respon guru IPA
didapatkan 98% dan respon peserta didik kelas VA diperoleh 92,4%, sedangkan
peserta didik kelas VB diperoleh 97,3%. Hasil yang diperoleh dari validasi ahli dan
respon pengguna dapat dikategorikan sangat layak, karena rata-rata hasil yang
diperoleh berada di angka 90% ke atas. Berdasarkan kriteria kelayakan, jika
diperoleh hasil 81-100% maka dikategorikan sangat layak. Sesuai dengan kriteria
kelayakan dan hasil yang diperoleh, buku cerita bergambar interaktif dapat
dikategorikan sangat layak dan telah memenuhi kriteria kelayakan materi, media,
dan penggunaan. Adanya pengembangan ini, pembelajaran lebih menyenangkan,
menarik, efektif, efisien, dan tujuan pembelajaran tercapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Adinda Almastalun Nisya'
Date Deposited: 14 Jun 2023 07:01
Last Modified: 14 Jun 2023 07:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24187

Actions (login required)

View Item View Item