Kegiatan gabungan musyawarah keagamaan dalam meningkatkan intelektual moderatif santri di pondok pesantren miftahul ulum banyuputih kidul jatiroto lumajang

Nanang, Wahyudi (2023) Kegiatan gabungan musyawarah keagamaan dalam meningkatkan intelektual moderatif santri di pondok pesantren miftahul ulum banyuputih kidul jatiroto lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kyai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI NANANG WAHYUDI REVISI (1).pdf

Download (874kB)

Abstract

Keywords:
Kata Kunci:
Kegiatan Gamus,
Intelektual Moderatif

*Correspondence Addres:
Nanangwahyudi2606@gmail.com

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dan faktor pendukung serta faktor penghambat kegiatan gabungan musyawarah keagamaan yang mana kegiatan tersebut sering disebut dengan istilah Kegiatan Gamus oleh santri Pondok Pesantren Banyuputih Kidul. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis data kualitatif model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menemukan bahwa: a) Dalam pelaksanaan kegiatan Gamus yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Banyuputih Kidul melalui beberapa tahapan ada tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Dalam tahap pelaksanaan melalui beberapa alur tahapan ada tahap pembukaan, tahap tashawwur masalah, tahap penyampaian jawaban,tahap perdebatan argumentatif, tahap perumusan jawaban, tahap pengesahan jawaban. b) Faktor pendukung dalam pelaksanaan kegiatan Gamus ialah dukungan penuh dari pengasuh dan kepengurusan Pesantren berupa fasilitas seperti perpustakaan dan tempat. c) Faktor penghambat dalam pelaksanaan kegiatan Gamus ialah tempat yang tidak permanen dan media yang kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Nanang Wahyudi Nanang Wahyudi
Date Deposited: 14 Jun 2023 07:02
Last Modified: 14 Jun 2023 07:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24193

Actions (login required)

View Item View Item