Peran pengasuh dalam membimbing anak asuh di Yayasan Panti Asuhan Attafakur Jember

Ernandasari, Intan (2023) Peran pengasuh dalam membimbing anak asuh di Yayasan Panti Asuhan Attafakur Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Intan Ernandasari_D20193038.pdf

Download (4MB)

Abstract

Intan Ernandasari, 2023: Peran Pengasuh Dalam Membimbing Anak Asuh Di Yayasan Panti Asuhan Attafakur Jember
Kata Kunci: peran, pengasuh, membimbing
Anak adalah karunia bagi orang tuanya, namun tidak semua anak dapat hidup dan berkembang bersama orang tua kandung mereka. Anak-anak yang kurang beruntung tersebut beberapa dibiarkan terlantar dan lainnya harus menempati Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak atau Panti Asuhan, dimana mereka akan mendapatkan orang tua pengganti yakni pengasuh yang mempunyai peran penting dalam kehidupan mereka.
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian, yaitu deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara terstruktur dan semi terstruktur, dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan tehnik.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran pengasuh dalam membimbing anak asuh di Yayasan Panti Asuhan Attafakur Jember? 2) Bagaimana metode bimbingan yang dilakukan di Yayasan Panti Asuhan Attafakur Jember? 3) Apakah faktor pendukung dan penghambat bagi pengasuh dalam melakukan bimbingan di Yayasan Panti Asuhan Attafakur Jember?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran pengasuh dalam melakukan bimbingan di Yayasan Panti Asuhan Attafakur Jember 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode bimbingan yang dilakukan di Yayasan Panti Asuhan Attafakur Jember 3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat bagi pengasuh dalam melakukan bimbingan di Yayasan Panti Asuhan Attafakur Jember.
Deskripsi hasil dari penelitian ini adalah: pengasuh dalam membimbing anak asuh mempunyai peran, a) sebagai orang tua anak asuh, b) sebagai konsultan, c) sebagai agen pengubah, d) sebagai agen pencegah terjadinya masalah pada anak asuh, e) sebagai pembimbing. Metode bimbingan yang diterapkan oleh pengasuh adalah, a) metode pemberian nasihat, b) metode bimbingan kelompok, c) metode belajar bernuansa bimbingan, d) metode pemberian hadiah dah hukuman (reward and punishment), e) metode pelatihan. Faktor pendukung bimbingan meliputi; 1) tempat yang nyaman dalam pelaksanaan bimbingan, 2) kesabaran pengasuh dan pembimbing dalam melakukan bimbingan terhadap anak asuh, 3) dukungan donatur dan mahasiswa dalam pelaksanaan bimbingan. Faktor penghambat bimbingan meliputi; 1) minimnya keahlian pengasuh dalam membimbing anak asuh, 2) kurangnya manajemen waktu pengasuh dan anak asuh, 3) karakter anak asuh yang tertutup, 4) layanan bimbingan kurang terorganisir dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: peran, pengasuh, membimbing
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Intan Intan Ernandasari
Date Deposited: 14 Jun 2023 07:04
Last Modified: 14 Jun 2023 07:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24205

Actions (login required)

View Item View Item