Implementasi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Dalam Proses Penerimaan Pegawai Penyandang Disabilitas Di Kabupaten Jember

Julitia, Fina (2023) Implementasi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Dalam Proses Penerimaan Pegawai Penyandang Disabilitas Di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI FINA JULITIA FIXX BGT.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Fina Julitia, 2023: “Implementasi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Dalam Proses Penerimaan Pegawai Penyandang Disabilitas Di Kabupaten Jember”
Kata Kunci: Penerimaan Pegawai, Penyandang Disabilitas
Penerimaan pegawai penyandang disabilitas di Kabapaten Jember sangat minim baik dalam ranah pemerintahan ataupun swasta. Banyak masyarakat menganggap penyandang disabilitas merupakan manusia yang lemah. Penyandang disabilitas memiliki hak dan kedudukan yang seharusnya masyarakat memberikan perlindungan agar disabilitas terhindar dari tindakan deskriminasi. Penyandang disabilitas memilki peluang untuk mengabdi kepada negara dengan salah satu contohnya menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).
Fokus penelitian yang diteliti adalah 1) Bagaimana implementasi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 dalam proses penerimaan pegawai penyandang disabilitas di Kabupaten Jember? 2) Bagaimana kendala dari implementasi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 dalam proses penerimaan pegawai penyandang disabilitas di Kabupaten Jember? Dengan tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana hak memperoleh pekerjaan layak Penyandang Disabilitas yang dilakukan dalam proses penerimaan pegawai dipemerintah kabupaten Jember. 2) Mengetahui apakah dalam proses penerimaan pegawai penyandang disabilitas telah sesuai dengan Undang-Undang No. 8 tahun 2016.
Penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian (Field Research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan purposive dan bersifat snowball. Keabsahan data dengan teknik trianggulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini: Proses penerimaan pegawai di Pemerintah Kabupaten Jember telah dilakukan berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016. Untuk jumlah kuota yang diterima masih belum sepenuhnya memenuhi kuota yang telah ditetapkan oleh peraturan. Jadi implementasi Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 belum terealisasikan secara penuh masalah ini disebabkan beberapa hak penyandang disbilitas yang belum terwujud. Serta terdapat faktor penghambat kuota tenaga kerja penyandang disabilitas di Kabupaten Jember. Sehingga masih terdapat disabilitas belum terserap tenaga kerjanya. Serta kendala dari implementasi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 dalam proses penerimaan pegawai penyandang disabilitas di Pemerintah Kabuapten Jember yaitu: 1) Masih adanya cara pandang terhadap terhadap penyandang disabilitas, 2) Kurang sesuainya formasi yang disediakan pemerintah Jember dengan latar belakang pendidikan yang dimiliki oleh penyandang disabilitas, 3) Kurangnya partisipatif penyandang disabilitas dalam hal perencanaan, 4) Kurangnya akses yang terbuka untuk ruang informasi dalam penerimaan CPNS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180103 Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Fina Juli tia
Date Deposited: 15 Jun 2023 09:09
Last Modified: 15 Jun 2023 09:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24215

Actions (login required)

View Item View Item