Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Anime "The Journey"

Azzen, Syaqrah Karara (2023) Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Anime "The Journey". Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Syaqrah Karara Azzen_D20191019.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Anime seringkali dianggap hanya sebagai tontonan anak-anak tanpa ada manfaat selain hiburan. Padahal teknologi telah berkembang sehingga cerita dalam anime dan visual menjadi beragam. Kita telah mendengar kisah tentang kekalahan Abrahah yang ingin menghancurkan Ka’bah karena Allah menurunkan kawanan burung Ababil untuk memusnahkan pasukan Abrahah. Peristiwa ini telah termaktub dalam Alquran Surah Al-Fiil. Kisah ini diadaptasi ke dalam anime berjudul The Journey yang merupakan anime pertama hasil kolaborasi dua negara dengan kebudayaan serta keagamaan yang sangat berbeda yaitu Jepang dan Arab Saudi.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Apa saja penanda (signifier) dan pertanda (signified) yang bermakna pesan moral dalam anime The Journey. 2) Apa saja mitos (myth) yang terkandung dalam anime The Journey sesuai dengan penanda (signifier) dan pertanda (signified) yang telah ditemukan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan moral yang terdapat dalam anime The Journey dengan metode penelitian kualitatif dengan alat analisis semiotika Roland Barthes. Subjek penelitian menggunakan anime The Journey dengan scene-scene yang menunjukkan pesan moral dalam perspektif Islam sebagai objek penelitiannya.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pesan moral perspektif Islam yang terkandung pada anime The Journey di antaranya adalah untuk senantiasa berbuat ta’awun (tolong-menolong), syaja’ah (keberanian), mujahadah (mencurahkan segala kemampuan), birrul walidain (berbakti kepada orang tua), optimis, bijaksana, tobat, taqwa (mengikuti segala perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya), amar ma’ruf nahi munkar (menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar), pemaaf, serta memenuhi kewajiban istri terhadap suami. Selain itu, terdapat pesan untuk selalu menjauhi perbuatan khianat, jubun (takut), takabur (sombong), serta menghindari gaya kepemimpinan yang azh-zhulumat (kegelapan).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Anime, Semiotika, Moral
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190201 Cinema Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Karara Azzen
Date Deposited: 15 Jun 2023 09:37
Last Modified: 15 Jun 2023 09:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24217

Actions (login required)

View Item View Item