Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Domino Pada Pembelajaran Tematik Muatan Matematika Kelas II Sd Islam Leces Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023

Dina, Safira Jannati (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Domino Pada Pembelajaran Tematik Muatan Matematika Kelas II Sd Islam Leces Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI DINA SAFIRA JANNATI WM.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: Pengembangan Media, Kartu Domino, Pembelajaran Tematik, Matematika.
Pengembangan media pembelajaran merupakan suatu proses untuk mengembangan produk media dalam pembelajaran dengan memberikan stimulus pada peserta didik terhadap pembelajaran. Penelitian pengembangan media Kartu Domino ini dilakukan untuk mengembangkan media agar dapat digunakan dalam berbagai materi terutama pada pembelajaran tematik muatan Matematika. Pada penelitian ini peneliti memilih materi satuan jarak (meter dan sentimeter) di kelas II SD Islam Leces. Media Kartu Domino dapat digunakan sebagai media untuk memperdalam pengetahuan peserta didik tentang satuan jarak.
Penelitian pengembangan media Kartu Domino ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan produk berupa media pembelajaran Kartu Domino pada pembelajaran Matematika kelas II SD Islam Leces Probolinggo Tahun Ajaran 2022/2023, 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Kartu Domino pada pembelajaran Matematika kelas II SD Islam Leces Probolinggo Tahun Ajaran 2022/2023. 3) Mengetahui keefektifan media pembelajaran Kartu Domino pada pembelajaran Matematika kelas II SD Islam Leces Probolinggo Tahun Ajaran 2022/2023.
Penelitian ini adalah penelitian Reseacrh and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian dari Dick and Carry yaitu ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas II SD Islam Leces Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 10 peserta didik. Produk akhir dari pengembangan ini adalah media Kartu Domino Modfikasi. Pengembangan media Kartu Domino ini divalidasi oleh 3 validator yaitu validasi ahli media, validasi ahli materi, dan validasi ahli pembelajaran.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa tingkat validitas media Kartu Domino dengan rata-rata prosentase sebesar 93% yang artinya media Kartu Domino dikategorikan sangat valid. Data keefektifan diperoleh dari hasil belajar peserta didik menggunakan pretest, posttest dan angket respon peserta didik. Data yang diperoleh sebelum diberikan perlakuan, rata-rata nilai pretest hasil belajar pada kelas II adalah 50. Sedangkan setelah diberikan perlakuan, rata-rata nilai posttest hasil belajar adalah 91,3. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Kartu Domino dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II. Sedangkan analisis respon peserta didik diukur dengan menggunakan angket respon siswa terhadap media Kartu Domino. Hasil rata-rata respon peserta didik menunjukkan bahwa media Kartu Domino mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik dengan prosentase rata – rata 95 %. Hasil peningkatan belajar peserta didik menggunakan media Kartu Domino diketahui dan diperoleh menggunakan penghitungan N-Gain Score dengan menunjukkan rata-rata peningkatan hasil belajar sebesar 83% dan dikategorikan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Dina Safira Jannati
Date Deposited: 15 Jun 2023 09:15
Last Modified: 15 Jun 2023 09:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24222

Actions (login required)

View Item View Item