Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Joyfull Learning Pada Kelas VII MTs Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Taufiq, Hidayat (2023) Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Joyfull Learning Pada Kelas VII MTs Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI Taufik T20171377 FIX.pdf

Download (1MB)

Abstract

Taufiq Hidayat
UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
hiday.120899@gmail.com

Abstrak
Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam diperlukan adanya inovasi agar
pembelajaran lebih bermakna. Salah satu inovasi yang dilakukan oleh MTs Negeri
2 Jember yakni menerapkan pembelajaran berbasis joyfull learning yang berperan
penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran SKI. Fokus pada penelitian ini
adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam Berbasis Joyfull Learning Pada Kelas VII MTs Negeri 2 Jember Tahun
Pelajaran 2022/2023. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek
penelitiannya menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis
menggunakan model Milles, Huberman, dan Saldana yakni kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian pada uji keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu
1) Perencanaan pembelajaran meliputi lima aspek utama yaitu: (a) Guru
menentukan tujuan pembelajaran digunakannya pembelaajran menyenanghkan
(joyfull learning) dan tujuan yang berkaitan dengan capaian pembelajaran, (b) Guru
memilih materi pembelajaran Sejarah Dakwah Rasulullah SAW di Makah, (c) Guru
menerapkan metode tanya jawab, metode diskusi, dan metode penugasan (resitasi)
dalam pembelajaran, (d) Guru menggunakan media laptop dan LCD proyektor
dalam pembelajaran, (e) Guru menetapkan penilaian tes tulis bentuk uraian pada
ranah pengetahuan, observasi pada ranah sikap, dan rubrik penilaian pada ranah
keterampilan. 2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan tiga tahap kegiatan
yaitu: (a) kegiatan pendahuluan, (b) kegiatan inti, (c) kegiatan penutup. 3) Evaluasi
pembelajaran dilakukan guru melalui tes tulis bentuk uraian menunjukkan hasil
yang sempurna seluruh siswa mendapat nilai di atas Ketuntasan Belajar Minimum
(KBM), penilaian observasi dilakukan untuk mengamati sikap siswa selama proses
pembelajaran, serta guru menilai bacaan Al-Quran siswa menggunakan rubrik
penilaian.

Kata kunci: Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Joyfull Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Taufiq Hidayat Taufiq Hidayat
Date Deposited: 15 Jun 2023 09:20
Last Modified: 15 Jun 2023 09:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24225

Actions (login required)

View Item View Item