Pembentukan moral melalui pembinaan kecerdasan intelektual emosional dan spiritual pada siswa kelas vii di mts al utsmani bondowoso

Wasilatul jannah, Siska (2023) Pembentukan moral melalui pembinaan kecerdasan intelektual emosional dan spiritual pada siswa kelas vii di mts al utsmani bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text (Pembentukan Moral Melalui Pembinaan Kecerdasan Intelektual Emosional Dan Spiritual Pada Siswa Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Al Utsmani Bondowoso)
SISKA WASILATUL JANNAH_T20161073.pdf
Restricted to Registered users only until 5 July 2024.

Download (3MB)

Abstract

Pembentukan moral merupakan suatu tindakan untuk mendidik, membina, membangun watak, akhlak serta perilaku seseorang agar orang yang bersangkutan terbiasa mengenal, memahami dan meghayati sifat- sifat baik atau aturan-aturan moral. MTs Al-Utsmani Bondowoso dalam menerapkan pembentukan moral melalui pembinaan kecerdasan intelegensi, emosional dan spiritual pada siswanya
Fokus penelitian ini: 1) Bagaimana pelaksanaan pembentukan moral melalui pembinaan kecerdasan intelektual emosional dan spiritual pada siswa kelas VII di MTs Al-Utsmani Bondowoso? 2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembentukan moral melalui pembinaan kecerdasan intelektual emosional dan spiritual pada siswa kelas VII di MTs Al-Utsmani Bondowoso?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembentukan moral 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembentukan moral.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi non-partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yakni analisis data menggunakan model analisis data interaktif. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: 1). Pelaksanaan Pembentukan Moral Melalui Pembinaan Kecerdasan Intelektual siswa di MTs Al-Ustmani Bondowoso dengan mengembangkan kecerdasan pola pikir siswa melalui penggunaan metode diskusi, ceramah dan praktik, menghafal dan pemberian soal-soal dan melatih kemampuan memecahkan masalah. 2). Pembentukan Moral Melalui Pembinaan Emosional Siswa dilakukan melalui pengembangan kecerdasan dalam olah emosi (pembinaan amarah secara baik), mengembangkan kecerdasan dalam memotivasi diri dengan memberikan contoh atau teladan yang baik, membangun hubungan yang baik dengan menampilkan sikap peduli terhadap sesama. 3) Pelaksanaan pembentukan Moral Melalui Pembinaan kecerdasan spiritual siswa dilakukan dengan pembiasaan dan hidup bermakna terutama dalam beribadah (berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, membaca Al-Qur’an dan surat-surat pendek, praktik shalat, pembinaan moral dan perilaku siswa. 4). Faktor Pendukung Sarana dan Prasarana yang memadai, komunikatif antar pengurus madrasah, adanya perhatian dan andil yang lebih dari wali kelas, Upaya inovasi guru agama, dan evaluasi program. Sedangkan Faktor Penghambat, pengetahuan siswa tidak merata, sikap malas, keterbatasan pengawasan, Perbedaan karakter siswa yang terbentuk sebelum melanjutkan studi kejenjang berikutnya, kurangnya waktu serta kesadaran para pendidik sebab telah disibukkan dengan rangkaian administrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220402 Comparative Religious Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siska Wasilatul Jannah
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:48
Last Modified: 06 Jul 2023 03:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24232

Actions (login required)

View Item View Item