Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di Madrasah Tsanawiyah miftahul ulum desa gunung geni kecamatan banyuanyar kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2022/2023

Junaidi, Moh (2023) Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di Madrasah Tsanawiyah miftahul ulum desa gunung geni kecamatan banyuanyar kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember.

[img] Text
MOH JUNAIDI WATERMARK.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Moh. Junaidi, 2023: internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Desa Gunung Geni Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023

Sekolah dalam rangka mencerdaskan anak bangsa memiliki peranan penting, baik dalam menanamkan nilai-nilai positif dalam ilmu pengetahuan serta dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari. Wajib belajar 9 tahun tentunya sudah mewakili maksud dari betapa pentingnya pendidikan bagi anak bangsa sendiri.
Fakus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1). Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada aspek kedisiplinan dan pembiasaan dalam pembelajaran Ips di Mts Miftahul ulum tahun pelajaran 2022/2023?. 2). Bagaimana hasil internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada aspek kedisiplinan dan pembiasaan di Mts Miftahul ulum tahun pelajaran 2022/2023?
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada aspek kedisiplinan dan pembiasaan dalam pembelajaran Ips di Mts Miftahul ulum tahun pelajaran 2022/2023. Serta untuk mengetahui factor pendukung dan penghambar dalam prosesnya.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif . selain itu, tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1). Internalisasi nilai karakter pada aspek kedisiplinan dan pembiasaan meliputi beberapa hal diantaranya, memberikan tauladan yang baik, istikomah dalam segala hal, serta memebrikan rasa nyaman dan aman ketika belajar. 2). Untuk factor penghambat dan pendukung meliputi: pengkondisian, minimnya kesadaran, siswa tidak konsisten, labil. Serta yang menjadi pendukung adalah kekompakan guru, imten dalam pengawasan

Kata Kunci: internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter, pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Depositing User: Unnamed user with email mohjunaidie@gmail.com
Date Deposited: 15 Jun 2023 09:02
Last Modified: 15 Jun 2023 09:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24237

Actions (login required)

View Item View Item