Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Domino Pada Pembelajaran Tematik Muatan Matematika Kelas II Sd Islam Leces Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023

Dina, Safira Jannati (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Domino Pada Pembelajaran Tematik Muatan Matematika Kelas II Sd Islam Leces Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI DINA SAFIRA JANNATI-2.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci: Pengembangan Media, Kartu Domino, Pembelajaran Tematik,
Matematika.
Pengembangan media pembelajaran merupakan suatu proses untuk
mengembangan produk media dalam pembelajaran dengan memberikan stimulus
pada peserta didik terhadap pembelajaran. Penelitian pengembangan media Kartu
Domino ini dilakukan untuk mengembangkan media agar dapat digunakan dalam
berbagai materi terutama pada pembelajaran tematik muatan Matematika. Pada
penelitian ini peneliti memilih materi satuan jarak (meter dan sentimeter) di kelas
II SD Islam Leces. Media Kartu Domino dapat digunakan sebagai media untuk
memperdalam pengetahuan peserta didik tentang satuan jarak.
Penelitian pengembangan media Kartu Domino ini bertujuan untuk: 1)
Menghasilkan produk berupa media pembelajaran Kartu Domino pada
pembelajaran Matematika kelas II SD Islam Leces Probolinggo Tahun Ajaran
2022/2023, 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Kartu Domino pada
pembelajaran Matematika kelas II SD Islam Leces Probolinggo Tahun Ajaran
2022/2023. 3) Mengetahui keefektifan media pembelajaran Kartu Domino pada
pembelajaran Matematika kelas II SD Islam Leces Probolinggo Tahun Ajaran
2022/2023.
Penelitian ini adalah penelitian Reseacrh and Development (R&D) dengan
menggunakan model penelitian dari Dick and Carry yaitu ADDIE yang terdiri dari
5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation.
Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas II SD Islam Leces Tahun
Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 10 peserta didik. Produk akhir dari
pengembangan ini adalah media Kartu Domino Modfikasi. Pengembangan media
Kartu Domino ini divalidasi oleh 3 validator yaitu validasi ahli media, validasi ahli
materi, dan validasi ahli pembelajaran.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa tingkat validitas media Kartu
Domino dengan rata-rata prosentase sebesar 93% yang artinya media Kartu
Domino dikategorikan sangat valid. Data keefektifan diperoleh dari hasil belajar
peserta didik menggunakan pretest, posttest dan angket respon peserta didik. Data
yang diperoleh sebelum diberikan perlakuan, rata-rata nilai pretest hasil belajar
pada kelas II adalah 50. Sedangkan setelah diberikan perlakuan, rata-rata nilai
posttest hasil belajar adalah 91,3. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran
Kartu Domino dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II. Sedangkan
analisis respon peserta didik diukur dengan menggunakan angket respon siswa
terhadap media Kartu Domino. Hasil rata-rata respon peserta didik menunjukkan
bahwa media Kartu Domino mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta
didik dengan prosentase rata – rata 95 %. Hasil peningkatan belajar peserta didik
menggunakan media Kartu Domino diketahui dan diperoleh menggunakan
penghitungan N-Gain Score dengan menunjukkan rata-rata peningkatan hasil
belajar sebesar 83% dan dikategorikan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Ms Dina Safira Jannati
Date Deposited: 23 Jun 2023 03:55
Last Modified: 23 Jun 2023 03:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24239

Actions (login required)

View Item View Item