Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menumbuhkan Minat Wirausaha Santri di Pondok Pesantren Raudlatussalam Glenmore Banyuwangi

Saifuddin, Mohamad Adi (0016) Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menumbuhkan Minat Wirausaha Santri di Pondok Pesantren Raudlatussalam Glenmore Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOHAMAD ADI SAIFUDDIN_D20194047.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Mohamad Adi Saifuddin, 2023: “Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menumbuhkan Minat Wirausaha Santri di Pondok Pesantren Raudlatussalam Glenmore Banyuwangi”.
Kata Kunci: Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia; Minat wirausaha; Pondok Pesantren.
Manajemen Sumber daya manusia (SDM) adalah pengelolaan aset yang diperlukan dalam organisasi karena SDM mempunyai peran yang penting, sedangkan Pesantren mempunyai peran sebagai wadah pemberdayaan bagi masyarakat sekitar dan santri. Oleh karena itu Pondok Pesantren Raudlatussalam membekali santrinya dengan wirausaha supaya mempunyai keterampilan ketika keluar dari pesantren bisa membuka lapangan kerja sendiri. Program wirausahanya meliputi BLK Menjahit, Peternakan, Aneka Jajanan UMKM dan Kopontren.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah : 1. Bagaimana Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menumbuhkan Minat Wirausaha Santri di Pondok Pesantren Raudlatussalam Glenmore Banyuwangi?. 2. Apa Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menumbuhkan Minat Wirausaha Santri di Pondok Pesantren Raudlatussalam Glenmore Banyuwangi?.
Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menumbuhkan Minat Wirausaha Santri di Pondok Pesantren Raudlatussalam Glenmore Banyuwangi. 2. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menumbuhkan Minat Wirausaha Santri di Pondok Pesantren Raudlatussalam Glenmore Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian yang telah ditemukan adalah sebagai berikut: 1. Perencanaan pengembangan SDM dilaksanakan dengan menetapkan tujuan, menjalin kerja sama instansi pemerintah, memberikan biaya transportasi, menyusun jadwal, dan menetapkan kepersetaan. Pengorganisasian pengembangan SDM dilakukan dengan membentuk struktur kepengurusan wirausaha. Pengarahan Manajemen SDM dilakukan dengan pemberian motivasi dan pelatihan. Pengawasan dilakukan secara langsung dan tidak langsung. 2. Faktor pendukung pengembangan SDM yaitu adanya subsidi dari pemerintah dan yayasan, sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan Faktor penghambat karena tidak tersedianya dana perawatan dan santri memiliki keterbatasan waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia; Minat Wirausaha; Pondok Pesantren
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150301 Business Information Management (incl. Records, Knowledge and Information Management, and Intelligence)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Mr Mohamad Adi Saifuddin
Date Deposited: 16 Jun 2023 07:03
Last Modified: 16 Jun 2023 07:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24246

Actions (login required)

View Item View Item