Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan Melalui Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Islam Roudlotul Ulum Gedangmas Randuagung Lumajang

Jennah, Siti Nurul (2023) Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan Melalui Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Islam Roudlotul Ulum Gedangmas Randuagung Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Nurul Jennah_T20193020.pdf

Download (4MB)

Abstract

Siti Nurul Jennah: 2023: Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan Melalui Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Islam Roudlotul Ulum Gedangmas Randuagung Lumajang.
Kata Kunci : Kinerja Tenaga Kependidikan, Komunikasi Interpersonal
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peningkatan kinerja yang dimiliki oleh tenaga kependidikan dilembaga. Meskipun lembaga tersebut terbilang kecil namun kinerjanya sangat baik hal tersebut dilandasi dengan adanya komunikasi interpersonal yang diimplementasikan oleh kepala sekolah.
Fokus dari penelitian ini yakni: 1) Bagaimana perencanaan komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di Sekolah Menengah Pertama Islam Roudlotul Ulum Gedangmas Randuagung Lumajang? 2) Bagaimana pelaksanaan komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di Sekolah Menengah Pertama Islam Roudlotul Ulum Gedangmas Randuagung Lumajang? 3) Bagaimana evaluasi komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di Sekolah Menengah Pertama Islam Roudlotul Ulum Gedangmas Randuagung Lumajang?
Tujuan dari penelitian ini yakni : 1) untuk mendeskripsikan perencanaan komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di Sekolah Menengah Pertama Islam Roudlotul Ulum Gedangmas Randuagung Lumajang 2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di Sekolah Menengah Pertama Islam Roudlotul Ulum Gedangmas Randuagung Lumajang 3) untuk mendeskripsikan evaluasi komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di Sekolah Menengah Pertama Islam Roudlotul Ulum Gedangmas Randuagung Lumajang
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni: observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan yang terakhir adalah uji keabsahan data yang menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil dari penelitian ini : 1) Perencanaan yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan melalui beberapa cara yakni melalui pendekatan serta mengikutsertakan tenagakependidikan untuk mengikuti pelatihan, worksop dan seminar. 2) Dalam pelaksanaan komunikasi Kepala sekolah menggunakan komunikasi dengan dua cara yakni secara langsung dan secara tidak langsung. Dalam meningkatkan kinerja kepala sekolah melakukan beberacapa dengan pembinaan disiplin terhadap tenaga kependidikan yang dilakukan secara berkala kedua kepala sekolah memberikan tauladan atau contoh yang baik. Dan yang terakhir kepala sekolah memberi reward kepada tenaga kependidikan. 3) kepala sekolah dalam evaluasi ini melakukan beberapa cara diantaranya yakni dengan melakukan pengamatan terhadap kinerja tenaga kependidikan disetiap harinya melalui komunikasi yang kepala sekolah lakukan baik itu komunikasi secara langsung ataupun tidak langsung, kedua kepala sekolah melakukan survey dengan pengisian angket setiap tiga bulan sekali sebagai bentuk evaluasi standar pelayanan, ketiga kepala sekolah melakukan pengecekan kelengkapan administrasi serta dokumen dokumen yang sudah dilakukan tenaga kependidikan setiap seminggu sekali dan yang terakhir kepala sekolah melakukan supervisi dengan melakukan penilaian terhadap kinerja tenaga kependidikan yang dilakukan tiap bulanan baik itu dilakukan secara langsung (wawancara terhadap yang bersangkutan) atau dengan pengamatan saja (observasi).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Meningkatk Siti Nurul Jennah
Date Deposited: 16 Jun 2023 07:02
Last Modified: 16 Jun 2023 07:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24248

Actions (login required)

View Item View Item