Sinergitas Guru Pendidikan Agama Islam dan Guru Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Broken Home di Sekolah Menengah Kejuruan As-Syafi’i Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Damayanti, Ervinna (2023) Sinergitas Guru Pendidikan Agama Islam dan Guru Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Broken Home di Sekolah Menengah Kejuruan As-Syafi’i Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ERVINNA DAMAYANTI_T20191101.pdf

Download (4MB)

Abstract

Peran guru sangat penting terhadap keberhasilan proses pembelajaran di dalam kelas. Oleh karena itu diperlukan adanya kerja sama yang baik antar guru dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar siswa terutama siswa broken home. Salah satunya di SMK As-Syafi’i dengan motivasi belajar siswa yang rendah sehingga memerlukan upaya penanganan yang terbaik, yaitu dengan melakukan kerja sama antara guru PAI dengan guru BK untuk proses peningkatannya.

Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa broken home di SMK As-Syafi’i Rambipuji Jember tahun pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana peran guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa broken home di SMK As-Syafi’i Rambipuji Jember tahun pelajaran 2022/2023? 3) Bagaimana sinergitas guru PAI dan guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa broken home di SMK As-Syafi’i Rambipuji Jember tahun pelajaran 2022/2023? Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa broken home di SMK As-Syafi’i Rambipuji Jember tahun pelajaran 2022/2023? 2) Untuk mendeskripsikan peran guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa broken home di SMK As-Syafi’i Rambipuji Jember tahun pelajaran 2022/2023? 3) Untuk mendeskripsikan sinergitas guru PAI dan guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa broken home di SMK As-Syafi’i Rambipuji Jember tahun pelajaran 2022/2023?

Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan Model Miles, Huberman dan Saldana, serta keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa broken home dilakukan dengan cara membangkitkan minat siswa, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, memberi pujian terhadap keberhasilan siswa dan lebih memperhatikan siswa broken home, serta memberi penilaian. (2) Peran guru BK dalam membangkitkan motivasi belajar siswa broken home dilakukan melalui cerita inspiratif dan menyesuaikan kegiatan penanganan dengan langkah-langkah konseling, dimulai dari penentuan masalah hingga evaluasi. (3) Sinergitas guru PAI dan guru BK yaitu bersifat preventif (pencegahan), preservatif (pemeliharaan), dan kuratif (penyembuhan).

Kata Kunci: Sinergitas Guru PAI dan Guru BK, Motivasi Belajar, Siswa Broken Home

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ervinna Damayanti
Date Deposited: 16 Jun 2023 06:56
Last Modified: 16 Jun 2023 06:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24250

Actions (login required)

View Item View Item