Model Pemberdayaan Masyarakat Komunitas Social Tranformation and Publik Awareness (STAPA) Terhadap Pekerja Anak Perkebunan Tembakau Dalam Persepektif Tindakan Komunikatif

kaspi, kaspi (2023) Model Pemberdayaan Masyarakat Komunitas Social Tranformation and Publik Awareness (STAPA) Terhadap Pekerja Anak Perkebunan Tembakau Dalam Persepektif Tindakan Komunikatif. Masters thesis, Uin Khas Jember.

[img] Text
Tesis Abdur Rois-19.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Abdur Rois, 2022. Model Pembedayaan Masyarakat Komunitas Social Transformation And Public Awarenes (STAPA) Terhadap Pekerja Anak Perkebunan Tembakau Dalam Perspektif Tindakan Komunikatif. Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing 1: Dr. H. Sukarno, M.Si. Pembimbing II: Dr. Imam Bonjol Juhari, S.Ag, M.Si.

Kata Kunci: model, pekerja, anak, komunikatif

Kajian ini menganalisis model pemberdayaan serta proses dan praktik pemberyaan masyarakat komunitas STAPA terhadap pekerja anak perkebunan tembakau dalam perspektif tindakan komunikatif, dari praktik pemberdayaan masyarakat yang di ukur dari partisipasi masyarakat atas layanan program pemberdayaan dari komunitas STAPA dalam hal perencanaan, aksi program, pengambilan keputusan sampai evaluasi dengan praktik tindakan komunikatif.
Fokus objek penelitian ini adalah model pemberdayaan masyarakat serta proses dan praktik pemeberdayaan terhadap pekerja anak perkebunan tembakau perspektif tindakan komunikatif di Desa Kalisat Kabupaten Jember.
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa dan mendeskripsikan model pemberdayaan masyarakat perspektif tindakan komunikatif, sehingga dari sini tujuan penulis menemukan model pemberdayaan masyarakat dalam praktik tindakan komunikatif yang dilakukan oleh Komunitas STAPA.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif dengan pengambilan data dilakukan dengan wawancara atas bantuan key informan, kemudian metode dokumentasi yaitu mengumpulkan data dari penelitian sebelumnya dan dokumentasi dari pemerintah maupun komunitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pemberdayaan masyarakat dalam perspektif tindakan komunikatif yang di praktikkan oleh komunitas STAPA adalah menggunakan konsep pemberdayaan bersifat komunikasi intersujektif sebagai stimulus terjadinya diskursus pada masyarakat sasaran sehingga goal pemberdayan masyarakat pada pekerja anak perkembunan tembakau bisa tercapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080610 Information Systems Organisation
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Abdur Rois Rois Kaspi
Date Deposited: 19 Jun 2023 07:46
Last Modified: 19 Jun 2023 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24256

Actions (login required)

View Item View Item