PELATIHAN SELF ACCEPTANCE DALAM MENUMBUHKAN SIKAP OPTIMISME PADA WARGA BINAAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIB KOTA PROBOLINGGO

Abdul Rosyid, Darsono (2023) PELATIHAN SELF ACCEPTANCE DALAM MENUMBUHKAN SIKAP OPTIMISME PADA WARGA BINAAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIB KOTA PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN KH KIAI ACMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Abdul Rosyid Darsono_D20183028.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Abdul Rosyid Darsono, 2023: “Pelatihan Self acceptance Dalam Menumbuhkan Sikap Optimisme Pada Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIb Kota Probolinggo”
Kata kunci: Self acceptance, Sikap Optimisme, Lembaga Pemasyarakatan, Warga Binaan
Penerimaan diri (self acceptance) merupakan suatu kemampuan individu untuk dapat melakukan penerimaan terhadap keberadaan diri sendiri. Sikap penerimaan realistis dapat ditandai dengan memandang segala kelemahan-kelemahan maupun kelebihan-kelebihan diri secara objektif.
Berdasarkan temuan masalah dilapangan terkait kehidupan warga binaan paska dibebaskannya dari lapas tidak sedikit mengalami ketidak percayaan diri dan kurangnya penerimaan, bahwa beberapa intevrensi untuk menumbuhkan rasa percaya diri, penerimaan dan sikap optimisme salah satunya dengan pelatihan self acceptace. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh pelatihan self acceptance dalam menumbuhkan sikap optimisme pada warga binaan lapas kelas IIB Kota Probolinggo. Manfaat dari penelitian ini untuk warga binaan yaitu dapat menambah wawasan dan ketrampilan selama masa tahanan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pelatihan self acceptance dalam menumbuhkan sikap optimisme pada warga binaan lapas Kelas IIB Kota Probolinggo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggukan teknik purposive sampling dengan jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 30 warga binaan dengan kriteria warga binaan Blok Pesantren, telah mejalani hukuman minimal 3tahun. Metode dalam penelitian ini menggunakan quasi experimental (eksperimen semu) menggunakan teknik One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test. Data yang di analisi diuji dengan paired sample t test.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa pelatihan self acceptance dalam menumbuhkan sikap optimisme berpengaruh bagi warga binaan lapas kelas IIB Kota Probolinggo dalam menjalani proses tahanan dan bekal bebas dari penjara dalam menjalani kehidupan di masyarakat. Uji hipotesis diperoleh hasil sebagai berikut t hitung lebih besar t tabel (7,910 > 2,042) maka, ho diterima yang artinya ada pengaruh pelatihan self acceptance dalam menumbuhkan sikap optimisme. rata-rata (mean) sebelum mengikuti pelatihan self acceptance dalam menumbuhkan sikap optimisme warga binaan 94,63 dan sesudah diberikan pelatihan self acceptance dalam menumbuhkan sikap optimisme warga binaan 100,60. Jadi, hasil dari pelatihan self acceptance dalam menumbuhkan sikap optimisme warga binaan lapas kelas IIB Kota Probolinggo yang di adakan oleh peneliti mengalami peningkatan setelah diadakan pelatihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170110 Psychological Methodology, Design and Analysis
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mr Abdul Rosyid Darsono
Date Deposited: 16 Jun 2023 08:42
Last Modified: 16 Jun 2023 08:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24262

Actions (login required)

View Item View Item